KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS

Main Article Content

Ramlah Dewi
Andi Halimah
Muhammad Shabir U
Rosdiana Rosdiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial serta fakor pendukung pada kompetensi kepribadian dan sosial guru
kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam artikel ini yaitu data primer dan
data sekunder. Penelitian ini dilakukan di MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa dengan subjek penelitiannya yaitu guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Insrtumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: pedoman observasi, panduan wawancara dan dokumen. Pengolahan data yang
digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data mengunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
gambaran kompetensi kepribadian guru kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa sudah baik. Sesuai dengan indikator kompetensi kepribadian. Gambaran kompetensi
sosial guru kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa sudah baik. Sesuai dengan indikator kompetensi sosial. Serta faktor pendukung guru kelas di MIN Bontosunggu
Kabupaten Gowa berdasarkan hasil penelitian yaitu terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dengan demikian, dari hasil penelitian yang dilakuan dapat
disimpulkan bahwa gambaran kompetensi kepribadian dan sosial guru kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa secara umum baik disetiap aspek dan indikator. Serta
faktor pendukung pada kompetensi kepribadian dan sosial guru kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa yaitu faktor internal dan eksternal.

Article Details

How to Cite
Dewi, R., Halimah, A., Shabir U, M., & Rosdiana, R. (2024). KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(2), 142-151. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i2.50145
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>