PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MIN 3 POLMAN KEC. TAPANGO KAB. POLEWALI MANDAR

Isi Artikel Utama

Asriani Asriani
Umar Sulaiman
Umar Sulaiman
Rosdiana Rosdiana

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan media miniature terhadap hasil
belajar pesrta didik kelas V MIN 3 POlman Kec. Tapango Kab. Polewali Mandar,
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran IPA kelas V MIN 3 Polman Kec. Tapango Kab. Polewali Mandar tanpa
penggunaan media miniatur 2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas
V MIN 3 Polman Kec. Tapango Kab. Polewali Mandar dengan penggunaan media
miniatur 3) Pengaruh penggunaan media miniatur terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 3 Polman Kec. Tapango Kab. Polewali
Mandar.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental desain
dan desain penelitian one-group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas V MIN 3 Polman Kec. Tapango Kab. Polewali Mandar yang
berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
sampel jenuh. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik inferesnial dan
statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif
diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum penggunaan media miniatur sebesar 50,28
dan rata-rata setelah penggunaan media miniatur 79,44. Hasil analisis statistik
inferensial diperoleh thitung 29,180 sedangkan untuk nilai ttabel sebesar 1,739 yang berarti
bahwa thitung > ttabel yaitu 29,180 > 1,739. Hal ini menunjukkan bahwa HO ditolak dan H1
diterima. Bila ditinjau dari nilai signifikan H1 diterima apabila signifikan < α yaitu 0,000
< 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan
media miniatur menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media miniatur terhadap
hasil belajar IPA peserta didik.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>