EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MIN 2 BUTON KABUPATEN BUTON

Main Article Content

Sarmila La Suri
Rosdiana Rosdiana
Fajri Basam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penggunaa model pembelajaran Course Review Horay di MIN 2 Buton, 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V MIN
2 Buton dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan 3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil
belajar peserta didik kelas V MIN 2 Buton. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis experiment design dengan bentuk rancangan penelitian one-group pretest-postest
design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 19 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay di MIN 2 Buton terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Hasil belajar peserta didik kelas V MIN 2 Buton menggunakan model pembelajaran Course Review Horay yaitu memperoleh skor ratarata nilai belajar IPS postest sebesar 84,52 dan paling banyak berada pada kategori sangat baik sebanyak 16 peserta didik atau sebesar 84%. Hal ini dapat dilihat pada analisis uji Ngain yang menunjukkan peningkatan hasil belajar mencapai kategori sedang dengan nilai gain 0,30 sedangkan aktivitas belajar mencapai kategori baik dengan nilai 71. Sehingga hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V MIN 2 Buton Kabupaten Buton.

Article Details

How to Cite
La Suri, S., Rosdiana , R., & Basam, F. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MIN 2 BUTON KABUPATEN BUTON. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(1), 1-10. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i1.44795
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>