PEMBERIAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS V

  • Hasman Hasman Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei PEMBERIAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS V
    (ID)
  • Muh. Anwar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberian penilaian sikap peserta didik pada proses pembelajaran PAI kelas V di MIN 2 Buton yang bertujuan untuk mendapatkan informasi
mengenai pelaksanaan pemberian penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan guru di dalam kelas maupun di luar kelas. Jenis
penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V dan 4 guru mata pelajaran. Instrumen yang di gunakan adalah
panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi yang berupa dokumen pendukung bahan skripsi seperti foto, data sekolah lainnya. Adapun analisis data yang
digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan guru dalam melakukan penilaian sikap ada 2 yaitu penilaian sikap di dalam kelas, guru menilai dengan melihat proses pembelajaran dalam hal presentasi pada proses pembelajaran, sikap peserta didik terhadap guru seperti mengucapkan salam , mengaplikasikan nilai-nilai pembelajaran PAI di sekolah, adapun di luar kelas guru menilai dengan cara mengamati peserta didik dan menanya orang tua peserta didik dan teman sejawat dengan itu guru bisa memahami dan menilai sikap peserta didik.

Published
2023-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 62 times