PEMBERIAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS V

Main Article Content

Hasman Hasman
Safei Safei
Muh. Anwar
Fajri Basam

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberian penilaian sikap peserta didik pada proses pembelajaran PAI kelas V di MIN 2 Buton yang bertujuan untuk mendapatkan informasi
mengenai pelaksanaan pemberian penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan guru di dalam kelas maupun di luar kelas. Jenis
penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V dan 4 guru mata pelajaran. Instrumen yang di gunakan adalah
panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi yang berupa dokumen pendukung bahan skripsi seperti foto, data sekolah lainnya. Adapun analisis data yang
digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan guru dalam melakukan penilaian sikap ada 2 yaitu penilaian sikap di dalam kelas, guru menilai dengan melihat proses pembelajaran dalam hal presentasi pada proses pembelajaran, sikap peserta didik terhadap guru seperti mengucapkan salam , mengaplikasikan nilai-nilai pembelajaran PAI di sekolah, adapun di luar kelas guru menilai dengan cara mengamati peserta didik dan menanya orang tua peserta didik dan teman sejawat dengan itu guru bisa memahami dan menilai sikap peserta didik.

Article Details

How to Cite
Hasman, H., Safei, S., Anwar, M., & Basam, F. (2023). PEMBERIAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(1), 27-34. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i1.35809
Section
Artikel