IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK MIS KARUMBU KABUPATEN BIMA

  • Syarifudin Syarifudin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muammad Yahdi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Usman Usman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui implementasi mata pelajaran aqidah akhlak
pada peserta didik Madrasah Ibdtidaiyah Karumbu Kecamatan Langgudu kabupaten
Bima dan untuk mengetahui implementasi pembentukan akhlak pada peserta didik
Madrasah Ibdtidaiyah Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh observasi,
wawancara, dokumentasi. Data di analisis menggunakan metode Reduksi data, Display
data, Konklusi data (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis, yang bersifat interaktif,
anatar pendidik (guru) dan peserta didik, sumber belajar dan lingkungan untuk
menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar peserta
didik, baik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri guru secara fisik atau tidak, untuk
menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Problematika yang yang di alami dalam
pembelajaran aqidah akhlak di MIS Karumbu Kecamatan Langgudu Bima dilakukan
dengan merencanakan pembelajaran terlebih dahulu dilanjutkan dengan melaksanakan
pembelajaran dengan metode ceramah tanya jawab dan diakhiri dengan menutup
pelajaran. Yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi disini ada
banyak kegiatan ekstra kurikuler, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), sholat dhukha
bejama’ah, sholat dhuhur berjema’ah, kegiatan-kegiatan itu bisa menjadi faktor
pendukung Karena peserta didik mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut pelajaran yang di
peroleh tentang pelajaran akidah bisa di aplikasikan di kehidupan sehari-hari, karena
pelajaran akidah akhlak tidak sekedar ranah penilaian dari luar tapi dari dalam hati.

Published
2022-07-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 45 times