PENGARUH PENGGUNAAN METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI KELAS VIII SMP PONDOK PESANTREN MODERN PENDIDIKAN AL-QURAN IMMIM PUTRA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Usman S Bainsyah
A. Marjuni
Ibrahim Nasbih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengajaran al-Quran menggunakan metode Ummi di Pondok Pesantren Moderen IMMIM Putra Kecamatan Tamalanrea
Kota Makassar, Mengetahui kemampuan membaca al-Quran santri kelas VIII SMP Pondok moderen pendidikan al-Quran IMMIM Putra Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, Mengetahui pengaruh metode ummi terhadap kemampuan membaca al- Quran pada santri kelas VIII pondok pesantren modern pendidikan al-Quran IMMIM Putra Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini disajikan dalam bentuk penelitian Ex Post Facto, dengan pendekatan kuantitaif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Adapun populasi dan sampel yaitu seluruh santri kelas VIII SMP IMMIM Putra yang berjumlah 30 orang. Pada penelitian ini dapat memperoleh hasil penelitian yaitu: Penggunaan metode Ummi di pondok pesantren IMMIM sudah berjalan dengan baik hal ini dapat di lihat pada hasil angket yaitu berada di kategori sedang sebesar 63.33%. Kemampuan membaca al- Quran berada dikategori sedang sebesar 56.67%. Untuk taraf signifikansi sebesar 5%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa tedapat pengaruh antara metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Quran santri kelas VIII pondok pesantren modern pendidikan al-Quran IMMIM Putra Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar namun perlu di tingkatkan lagi.

Article Details

How to Cite
S Bainsyah, U., Marjuni, A., & Nasbih, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI KELAS VIII SMP PONDOK PESANTREN MODERN PENDIDIKAN AL-QURAN IMMIM PUTRA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 4(1), 77-84. https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27191
Section
Artikel