PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV

Main Article Content

Nurafni Andriani
M. Rusdi
Suhardiman Suhardiman
Fajri Basam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Herbarium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran IPA Kelas IV di MI Yapit Pencong Kab.Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental dengan metode
penelitian eksperimen yang menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian yaitu seluruh kelas IV MI Yapit Pencong Kabupaten Gowa, dimana semua anggota kelas IV
diambil sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini yakni seluruh kelas IV di MI Yapit Pencong sebanyak 12 peserta didik yang terdiri atas 7 orang laki-laki dan 5 orang
perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 nomor. Hasil penelitian yang diperoleh pada
kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media herbarium sebesar 83.33. Hasil analisis
inferensial hasil uji hipotesis data setelah penggunaan media herbarium dengan test diperoleh nilai signifikansi (one sample test) sebesar 0,000 dan nilai taraf signifikansi 0,05
nilai signifikasi yang di peroleh tersebut lebih kecil dari α (0,000 > 0.05), karena nilai signifikan lebih kecil dari α 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan jika penggunaan media
herbarium maka berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik leibh besar dari pada KKM 100% peserta didik berada pada ketuntasan klasikal yang signifikansi terhadap
hasil belajar pada kelas IV.

Article Details

How to Cite
Andriani, N., Rusdi, M., Suhardiman, S., & Basam, F. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(2), 152-162. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i2.50161
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)