PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV

  • Nurafni Andriani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M. Rusdi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suhardiman Suhardiman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Herbarium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran IPA Kelas IV di MI Yapit Pencong Kab.Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental dengan metode
penelitian eksperimen yang menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian yaitu seluruh kelas IV MI Yapit Pencong Kabupaten Gowa, dimana semua anggota kelas IV
diambil sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini yakni seluruh kelas IV di MI Yapit Pencong sebanyak 12 peserta didik yang terdiri atas 7 orang laki-laki dan 5 orang
perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 nomor. Hasil penelitian yang diperoleh pada
kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media herbarium sebesar 83.33. Hasil analisis
inferensial hasil uji hipotesis data setelah penggunaan media herbarium dengan test diperoleh nilai signifikansi (one sample test) sebesar 0,000 dan nilai taraf signifikansi 0,05
nilai signifikasi yang di peroleh tersebut lebih kecil dari α (0,000 > 0.05), karena nilai signifikan lebih kecil dari α 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan jika penggunaan media
herbarium maka berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik leibh besar dari pada KKM 100% peserta didik berada pada ketuntasan klasikal yang signifikansi terhadap
hasil belajar pada kelas IV.

Published
2024-07-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 14 times