PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD INPRES 6/86 BALLE KABUPATEN BONE

  • Nurul Hasanah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Yaumi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ketika diberikan
perlakuan dengan menggunakan bahan ajar multimedia dibandingkan dengan tidak
mendapat perlakuan dengan menggunakan bahan ajar multimedia. Jenis penelitian ini
yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dan desain one-grup pretestposttest.
Jumlah populasi yaitu seluruh peserta didik kelas V SD Inpres 6/86 Balle
Kabupaten Bone dengan jumlah populasi sebanyak 1 kelas dan sampel dalam penelitian
ini yaitu semua populasi kelas V SD inpres 6/86 Balle Kabupaten Bone yang berjumlah
22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu tes awal (pre-tes), pemberian perlakuan
(treatmen), tes akhir (post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu
analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik Inferensial. Hasil analisis
menunjukkan bahwa nilai dari rata-rata hasil belajar sebelum penggunaan bahan ajar
berbasis multimedia sebesar 36,4% yang berada pada kategori rendah. Sedangkan nilai
rata-rata hasil belajar setelah penggunaan bahan ajar berbasis multimedia sebesar 77,3 %
yang berada pada kategori tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi pendidik dapat
menggunakan proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu juga, agar kiranya pendidik dapat
terdorong untuk mengikuti seminar dan diklat untuk menambah wawasan dalam
meningkatkan metode pembelajaran yang lainnya dan penelitian ini juga dapat dijadikan
sebagai bahan referensi atau penelitian lebih lanjut.

Published
2024-01-16
Section
Artikel
Abstract viewed = 61 times