PEMANFAATAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PENERAPAN STRATEGI INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 BAHARI KABUPATEN BUTON SELATAN

Main Article Content

Resniati Resniati
Umar Sulaiman
Immawati Nur Aisyah Rivai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPS peserta
didik kelas V SDN 1 Bahari Kabupaten Buton Selatan sebelum digunakan strategi
information search, 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPS peserta didik
kelas V SDN 1 Bahari Kabupaten Buton Selatan setelah digunakan strategi information
search, 3) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi information search
berpengaruh terhadap hasil belaajar IPS peserta didik kelas V SDN 1 Bahari Kabupaten
Buton Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan pendekatan pre-experimental design dengan jenis desain “One Grup pretest-
Postest”.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 134 peserta didik dengan jumlah
sampel yang diambil berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu
menggunakan lembar tes. Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar IPS peserta
didik sebelum menggunakan strategi information search peserta didik kelas V SDN 1
Bahari Kabupaten Buton Selatan dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 40 dengan
nilai rata-rata 51,39 dan berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar IPS peserta
didik setelah menggunakan strategi information search peserta didik kelas V SDN 1
Bahari Kabupaten Buton Selatan dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 50 dengan nilai
rata-rata 70,04.

Article Details

How to Cite
Resniati, R., Sulaiman, U., & Rivai, I. N. A. (2024). PEMANFAATAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PENERAPAN STRATEGI INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 BAHARI KABUPATEN BUTON SELATAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(1), 79-88. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i1.44871
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>