PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES PA’BAENG BAENG KOTA MAKASSAR

  • Nurul Amaliyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • St. Syamsudduha Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media big book berbasis tematik; menguji tingkat
kevalidan media big book berbasis tematik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres
Pa’baeng Baeng Kota Makassar; menguji tingkat kepraktisan media big book berbasis tematik
pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pa’baeng Baeng Kota Makassar. Penelitian ini
menggunakan penelitian R&D (Research and Development), dan jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian pengembangan model ASSURE. Model ASSURE terdiri atas
analisis karakteristik siswa (analyze learner characteristics), menetapkan tujuan (state objectives),
memilih, memodifikasi atau merancang dan mengembangkan media (select, modify or design
media), menggunakan media (utilize media), meminta tanggapan dari siswa (requirez learner
respons), evaluasi (evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media
dapat membantu siswa dalam belajar materi siklus hidup hewan pada mata pelajaran IPA.
Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi beberapa ahli antara lain; validasi ahli materi 1 dan 2
sebesar 86,6% dan 71,1%, validasi ahli media 1 dan 2 sebesar 86% dan 83,6%, validasi ahli
praktisi 92%, dengan kategori sangat layak/valid untuk digunakan sebagai media
pembelajaran.

Published
2023-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 45 times