PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES PA’BAENG BAENG KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Nurul Amaliyah
St. Syamsudduha
Safei Safei
Immawati Nur Aisyah Rivai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media big book berbasis tematik; menguji tingkat
kevalidan media big book berbasis tematik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres
Pa’baeng Baeng Kota Makassar; menguji tingkat kepraktisan media big book berbasis tematik
pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pa’baeng Baeng Kota Makassar. Penelitian ini
menggunakan penelitian R&D (Research and Development), dan jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian pengembangan model ASSURE. Model ASSURE terdiri atas
analisis karakteristik siswa (analyze learner characteristics), menetapkan tujuan (state objectives),
memilih, memodifikasi atau merancang dan mengembangkan media (select, modify or design
media), menggunakan media (utilize media), meminta tanggapan dari siswa (requirez learner
respons), evaluasi (evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media
dapat membantu siswa dalam belajar materi siklus hidup hewan pada mata pelajaran IPA.
Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi beberapa ahli antara lain; validasi ahli materi 1 dan 2
sebesar 86,6% dan 71,1%, validasi ahli media 1 dan 2 sebesar 86% dan 83,6%, validasi ahli
praktisi 92%, dengan kategori sangat layak/valid untuk digunakan sebagai media
pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Amaliyah, N., Syamsudduha, S., Safei, S., & Rivai, I. N. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES PA’BAENG BAENG KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(1), 70-79. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i1.35822
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>