PENGARUH PENERAPAN METODE SAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 15 JOLLE
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada peserta didik kelas
I SD Negeri 15 Jolle Kab. Soppeng, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sinetik (SAS) pada peserta didik kelas I SD Negeri
15 Jolle Kab. Soppeng. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design dan desain penelitian One Group pretest-posttest
design. Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri 15 Jolle Kab. Soppeng yang berjumlah 16 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sampel jenuh. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskritif dan dan statistik inferensial. Hasil penelitian dari statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan sebelum diterapkan metode Struktural
Analitik Sintetik (SAS) yaitu 68,75 dan setelah diterapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 89,38 dan pada statistik
inferensial nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari α (0,000<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berpengaruh
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 15 Jolle Kab. Soppeng.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.