PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MATERI RAGAM SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 BIMA

  • Nurhidayati Nurhidayati Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Hamdan Juhannis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan: a) Untuk membandingkan penerapan sebelum menggunakan
dan ketika menggunakan media pembelajaran Pop Up Book pada mata pelajaran IPS di kelas
IV MIN 1 BIMA. b) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN 1 BIMA. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif jenis Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV MIN 1 BIMA tahun
pelajaran 2022/2023, yang jumlahnya 63 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive
sampling diperoleh sampel dengan jumlah peserta didik 44 peserta didik. Untuk
mengumpulkan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan dokumentasi. Kemudian
dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa :1) Hasil
belajar peserta didik sebelum penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berada pada
kategori “sedang” dengan nilai pretest tertinggi 60 dan terendah 20 sehingga rata-rata 40,91
dan posttest tertinggi 90 dan terendah 50 sehingga rata-rata 66,36. Hasil belajar peserta didik
ketika penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berada pada kategori “tinggi” dengan
nilai pretest tertinggi 70 dan terendah 20 sehingga rata-rata 42,73 dan posttest tertinggi 90 dan
terendah 50 sehingga rata-rata 71,36. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik
sebelum penggunaan media pembelajaran Pop Up Book memiliki kategorisasi “sedang”
dengan nilai pretest 60-20 dan posttest 90-50 sedangkan ketika penggunaan media pembelajaran
Pop Up Book dengan kategorisasi “tinggi” dan nilai pretest 70-20 dan posttest 90-50. Perbedaan
hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari hasil perhitungan uji T, dimana = 5,674
sedangkan nilai= 1,681 artinya nilai > nilai. Dari hasil analisis p-value = 0,000/2 = 0 < 0,05
atau nilai signifikasi lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditentukan.

Published
2024-01-16
Section
Artikel
Abstract viewed = 29 times