PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MANJALLING KABUPATEN GOWA

  • Nurazizah Nurazizah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Hamdan Juhannis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar IPS yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada
kelas V SD Negeri Manjalling. (2) Untuk mengetahui hasil belajar IPS yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada Kelas V SD Negeri
Manjalling. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS
kelas V SD Negeri Manjalling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini
peserta didik kelas V SD Negeri Manjalling, yang jumlah kelas VA (kelas eksperiemen) sebanyak 28 peserta didik dan kelas VB (kelas control) sebanyak 27 peserta didik.
Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh diperoleh sampel sebanyak 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar.
Kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1)Hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 73,57. (2) Hasil belajar pada yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 62,96. (3)Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent
sampel t-test terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Yang dimana rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas V
SD Negeri Manjalling 

Published
2024-07-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 8 times