ANALISIS BENTUK KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 138 BASOKENG KAB. BULUKUMBA

  • Sri Ahyana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Marjuni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan untuk memanipulasi, yang dihubungkan dengan pengetahuan serta pengalaman yang dimilikioleh peserta didik untuk dibawa kedalam perkara yang baru dalam memecahkan suatau permasalahan. Peserta dari Indonesia yang mendapatkan peringkat kedua dari bawah dalam kompetisi PISA ( Program For International Students Assesment), hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan siswa berpikir kritis masih rendah. Sehingga para peserta didik diharuskan membiasakan mengenalkan soal yang dapat mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas V di SDN 138 Basokeng Kab. Bulukumba, dan mengetahui faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas V di SDN 138 Basokeng Kab. Bulukumba. Jenis penelitian ini menggunakan penelitan kualitatif studi kasus. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas V SDN 138 Basokeng Kab. Bulukumba sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan indikator kesalahan, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan tranformasi, dan kesalahan keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS (Hingher Order Thinking Skill) kelas V di SDN 138 Basokeng Kab. Bulukumba , adalah kesalahan memahami, kesalahan tranformasi, dan kesalahan keterampilan proses. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS (Hingher Order Thinking Skill) kelas V di SDN 138 Basokeng Kab. Bulukumba adalah tidak mengerti tentang soal, tidak mengetahui cara penyelesaian soal, dan kesalahan hitung pada penyelesaian soal.

Published
2023-07-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 180 times