EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE SIMAK UCAP ULANG TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Article Content

Fadeliah Asri
Hamsiah Djafar
Immawati Nur Aisyah Rivai
Sabaruddin Garancang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran simak ucap ulang terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III MI Tarbiyah
sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa perhitungan pada hasil belajar pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 69,14% dan skor rata-rata nilai post-test sebesar 92,59% hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar
bahasa Indonesia peserta didik menggunakan metode simak ucap ulang termasuk kategori sangat baik, mengalami peningkatan hasil belajar dan sebanyak 29 orang peserta
didik yang mencapai kategori Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan satu orang tidak mencapai kategori ketuntasan. Hal ini membuktikan bahwa metode simak ucap ulang
efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Tarbiyah Kab. Takalar. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi
pendidik dapat menggunakan metode simak ucap ulang untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Selain itu, agar kiranya pendidik dapat terdorong untuk mengikuti seminar dan diklat untuk menambah wawasan dalam meningkatkan metode pembelajaran dan juga penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian
lebih lanjut. Dan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terlihat bahwa metode
simak ucap ulang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia
peserta didik.

Article Details

How to Cite
Asri, F., Djafar, H., Rivai, I. N. A., & Garancang, S. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE SIMAK UCAP ULANG TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(2), 192-199. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i2.50166
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)