PENGARUH METODE MEMBACA NYARING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN PESERTA DIDIK KELAS II

  • Anisa Munawara Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Hamsiah Djafar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Mirza Fatahullah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur pengaruh metode membaca nyaring terhadap bacaan peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas II MIN 1
Polman yang berjumlah 21 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design yang hanya memiliki
satu kelompok subjek dan diberikan perlakuan menggunakan metode membaca nyaring. Teknik analisis data menggunakan uji bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa perhitungan pada hasil belajar Pre-test yaitu hasil yang dicapai nilai rata-rata sebesar -t untuk menguji Pengaruh Metode Membaca nyaring Terhadap
pemahaman bacaan peserta didik dalam 59 dengan presentase ketuntasan yang tepat sebesar 86%, tidak tepat sebanyak 14% dan setelah menggunakan metode membaca
nyaring didapatkan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesar 75 dengan presentase ketuntasan sebesar 95% dan tidak tuntas sebesar 5 %. Hal ini
membuktikan bahwa penggunaan Metode Membaca nyaring dapat meningkatkan pemahaman bacaan peserta didik dalam bahasa Indonesia Kelas 11 MIN 1 Polman
karena kemampuan membaca peserta didik secara keseluruhan mengalami peningkatan dari 86% menjadi 95 %.

Published
2024-01-16
Section
Artikel
Abstract viewed = 25 times