ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DI MIN 1 KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Mufrihat Mufrihat
M Yusuf.T
Umar Sulaiman

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis efektifitas implementasi budaya literasi
di MIN 1 Kota Makassar ".Penelitian ini bertujuan1) Untuk mengetahui gambaran budaya literasi
di MIN 1 Kota Makassar. 2) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas budaya literasi
diimplementasikan pada MIN 1 Kota Makassar Makassar. 3) Untuk mengetahui apa kendala
implementasi budaya literasi di MIN 1 Kota Makassar. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti
memilih jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan pedagogis, dan pendekatan sosiologis.Untuk
memperoleh data, penulis melakukannya dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi
untuk teknik pengolaan data dan analisis data digunakan reduksi data, displaydata, Kesimpulan dan
verifikasi menguji keabsahan data digunakan triangulasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)
Gambaran efektivitas implementasi budaya literasi ditandai dengan adanya pembiasaan kegiatan
membaca surah-surah pendek dan doa-doa harian sebelum pembelajaran dimulai . Disamping itu
dilihat dari sarana dan prasarana seperti fasilitas pendukung perpustakaan sangat tidak mendukung,
sehingga peserta didik kurang berminat membacabuku, karena di perpustakaan itu tidak ada hal
yang menarik yang dapat merangsang perhatian peserta didik untuk mengunjungi perpustakaan. (2)
terdapatfaktor pendukung kegiatan budaya literasi diantaranya ialah: keteladanan guru dalam
membimbing peserta didik dan buku pembelajaran dan buku berjenjang. Sedangkan yang menjadi
faktor penghambatnya ialah: sarana dan prasarana, keteladanan peserta didik, keterbatasan
ekonomi dan kondisi social rumah tangga, lingkungan di luar sekolah

Article Details

How to Cite
Mufrihat, M., Yusuf.T, M., & Sulaiman, U. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DI MIN 1 KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 2(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v2i2.15337
Section
Artikel

References

Abidin Yunus, 2018.Pembelajaran Literasi Strategi
Meningkatkan Kemampuan Literasi
Matematika, Sains, Membaca, dan menulis.
Jakarta: Bumi Aksara.
Ali Fajrianti, Skripsi Efektivitas Taman Terhadap
Penguatan Budaya Literasi di SMA Negeri 10
Makassar
Departemen Agama Islam.Al-Qur’an dan
Terjemahnya, Surabaya: Sukses Publishing,
2012
Departemen Pendidikan Nasional Repubik
Indonesia, Undang-Undang Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Repubik Indonesia, 2003.
Alwasilah.2001. Membangun Kota Berbudaya
Literat.Jakarta Media Indonesia.
Apriani An-Nisa dan Dwi Ariyani
Yusinta.prodi PGSD Universitas Alma
Ata Yogyakarta. ([email protected])
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka
Cipta.
Bustari Meilina. 2000. Manajemen Perpustakaan
Pendidikan. Yogyakarta: Jurusan
Administrasi Pendidikan FIP UNY.
Imro Arifin. 2007. Penelitian Kualitatif Dalam
Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan.
Malang: Kalimasahada
Drajat Manpan dan Effendi Ridwan.2014. Etika
Profesi Guru.Bandung, Alfabeta.
Moleong Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda
karya.
Mursyid Moh.2016. Membumikan Gerakan Literasi
Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang
Kata.
Nasution S. 2007. Metode Penelitian Naturalistik
Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Pakistianingsi Arini. 2014. Surabaya Sebagai Kota
Literasi. Surabaya: Pelita hat.
Tachir Malik. 1993. Pandai Membaca dan
Menulis I. Petunjuk Guru Sekolah
Dasar Strategis. New York Maxwell
Macmilan International Publising
Group
Husein Umar. 2005. Metode Penelitian untuk
Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.