ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DI MIN 1 KOTA MAKASSAR

  • Mufrihat Mufrihat Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M Yusuf.T Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis efektifitas implementasi budaya literasi
di MIN 1 Kota Makassar ".Penelitian ini bertujuan1) Untuk mengetahui gambaran budaya literasi
di MIN 1 Kota Makassar. 2) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas budaya literasi
diimplementasikan pada MIN 1 Kota Makassar Makassar. 3) Untuk mengetahui apa kendala
implementasi budaya literasi di MIN 1 Kota Makassar. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti
memilih jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan pedagogis, dan pendekatan sosiologis.Untuk
memperoleh data, penulis melakukannya dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi
untuk teknik pengolaan data dan analisis data digunakan reduksi data, displaydata, Kesimpulan dan
verifikasi menguji keabsahan data digunakan triangulasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)
Gambaran efektivitas implementasi budaya literasi ditandai dengan adanya pembiasaan kegiatan
membaca surah-surah pendek dan doa-doa harian sebelum pembelajaran dimulai . Disamping itu
dilihat dari sarana dan prasarana seperti fasilitas pendukung perpustakaan sangat tidak mendukung,
sehingga peserta didik kurang berminat membacabuku, karena di perpustakaan itu tidak ada hal
yang menarik yang dapat merangsang perhatian peserta didik untuk mengunjungi perpustakaan. (2)
terdapatfaktor pendukung kegiatan budaya literasi diantaranya ialah: keteladanan guru dalam
membimbing peserta didik dan buku pembelajaran dan buku berjenjang. Sedangkan yang menjadi
faktor penghambatnya ialah: sarana dan prasarana, keteladanan peserta didik, keterbatasan
ekonomi dan kondisi social rumah tangga, lingkungan di luar sekolah

References

Abidin Yunus, 2018.Pembelajaran Literasi Strategi

Meningkatkan Kemampuan Literasi

Matematika, Sains, Membaca, dan menulis.

Jakarta: Bumi Aksara.

Ali Fajrianti, Skripsi Efektivitas Taman Terhadap

Penguatan Budaya Literasi di SMA Negeri 10

Makassar

Departemen Agama Islam.Al-Qur’an dan

Terjemahnya, Surabaya: Sukses Publishing,

Departemen Pendidikan Nasional Repubik

Indonesia, Undang-Undang Pendidikan

Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun

tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Repubik Indonesia, 2003.

Alwasilah.2001. Membangun Kota Berbudaya

Literat.Jakarta Media Indonesia.

Apriani An-Nisa dan Dwi Ariyani

Yusinta.prodi PGSD Universitas Alma

Ata Yogyakarta. ([email protected])

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka

Cipta.

Bustari Meilina. 2000. Manajemen Perpustakaan

Pendidikan. Yogyakarta: Jurusan

Administrasi Pendidikan FIP UNY.

Imro Arifin. 2007. Penelitian Kualitatif Dalam

Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan.

Malang: Kalimasahada

Drajat Manpan dan Effendi Ridwan.2014. Etika

Profesi Guru.Bandung, Alfabeta.

Moleong Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda

karya.

Mursyid Moh.2016. Membumikan Gerakan Literasi

Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang

Kata.

Nasution S. 2007. Metode Penelitian Naturalistik

Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Pakistianingsi Arini. 2014. Surabaya Sebagai Kota

Literasi. Surabaya: Pelita hat.

Tachir Malik. 1993. Pandai Membaca dan

Menulis I. Petunjuk Guru Sekolah

Dasar Strategis. New York Maxwell

Macmilan International Publising

Group

Husein Umar. 2005. Metode Penelitian untuk

Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Published
2020-08-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 131 times