PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS III MIS NCERA KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran di luar kelas (outing
class) terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V MIS Ncera
Kecamatan Belo kabupaten bima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
metode pembelajaran di luar kelas (outing class) terhadap keterampilan menulis karangan
deskripsi peserta didik diajar dengan menggunakan di luar kelas (outing class) dan
pengaruh pembelajaran di luar kelas (outing class) terhadap keterampilan menulis
karangan deskripsi peserta didik kelas V MIS Ncera Kecamatan Belo kabupaten
bima.Penelitian pre-eksperimen ini menggunakan desain penelitan one group pretest-posttest
desing. Populasi dalam penelitianadalah seluruh peserta didik. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Adapun
instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan menulis karangan
deskripsi dan lembar observasi. Kemudian teknik analisis data yang diguanakan pada
penelitian ini yaitu statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh
keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar dengan
menggunakan pembelajaran di luar kelas (outing class). Berdasarkan hasil analisis data
dengan menggunakan statistik deskripstif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum
diajar dengan pembelajaran di luar kelas (outing class) yaitu sebesar 52,41 dan nilai ratarata
setelah diajar dengan pembelajaran luar kelas (outing class) sebesar 83,43. Adapun
hasil analisis statistik < 𝛼 = 0,05 (0,037 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1
diterima, dengan tingkat kepercayaan 95% dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil
keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik sebelum diajar menggunakan
metode pembelajaran di luar kelas (outing class) tidak sama dengan nilai rata-rata hasil
keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar mengguanakan
pembelajaran di luar kelas (outing class).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Menulis Karangan Deskripsi
Mengguanakan Audio Visual pada Siswa
Kelas V SD” Jurnal Pendidikan Dasar
edisi 24 tahun no. 5.
Oktaviani, A. (2013) “Peningkatan Keterampilan
Menulis Karangan Dengan Menggunakan
Model Outdoor Learning Siswa Kelas IV
SD Dharman Karya UT Pondok Cabe
”Skripsi Aceh: Program Strata 1,
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Banda Aceh,.
Dalma, (2011) Keterampilan Menulis Karangan
Deskripsih Cet. I; Jakarta: Bina
rupaAksara.
Sudjana, N. (2002),Penilaian Hasil Proses Belajar
Mengajar, (Bandung: Remaja Rosda
karya.
Sugiyono (2017). Model Penelitian Pendidikan:
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D.Cet XXVI; Bandung: Alfabeta.
Sri, H. (2013) Peningkatan Menulis Karangan
Deskripsi Dengan Metode Field Trip
Kelas IV SD Negeri Gegulu Kulon
Progo”.Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan
Negeri Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2013), Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Pendidikan, (Cet,X
Jakarta Pratama Mandiri.
Tariga, H.G. (1982) menulis sebagai keterampilan
berbahasa, Bandung: Angkasa.
Widiasworo, E. (2017). , Strategi dan Metode Mengajar
Siswa di Luar Kelas (Oudoor Learning Secara
Aktif, Kreatif, inspirasi, dan Komunikasi),Cet I
Malang)..
Vera, A. (2012) model mengajak anak di luar kelas,
Jogjakarta: diva press.
Arikunto,S.(1988).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik.Yogyakarta:BalaiPustaka,
EnreA.F.Dasar –Dasar Keterampilan Menulis.
Jakarta: Deapartemen Pendidikan Dan
Kebudayaan.
Saat, S. (2018). yang berjudul“Pengantar
Metodologi Penelitian Panduan Bagi
Peneliti.
Tarigan, H. G. (2005). Membaca Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Sugiyono, (2009). Daar Menulis Karangan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Vera, A. (2012) .Metode Mengajar Anak Di Luar
Kelas (Outdoor Study).Yogyakarta:Diva
Press.