PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS III MIS NCERA KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA

  • Harmin Harmin Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran di luar kelas (outing
class) terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V MIS Ncera
Kecamatan Belo kabupaten bima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
metode pembelajaran di luar kelas (outing class) terhadap keterampilan menulis karangan
deskripsi peserta didik diajar dengan menggunakan di luar kelas (outing class) dan
pengaruh pembelajaran di luar kelas (outing class) terhadap keterampilan menulis
karangan deskripsi peserta didik kelas V MIS Ncera Kecamatan Belo kabupaten
bima.Penelitian pre-eksperimen ini menggunakan desain penelitan one group pretest-posttest
desing. Populasi dalam penelitianadalah seluruh peserta didik. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Adapun
instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan menulis karangan
deskripsi dan lembar observasi. Kemudian teknik analisis data yang diguanakan pada
penelitian ini yaitu statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh
keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar dengan
menggunakan pembelajaran di luar kelas (outing class). Berdasarkan hasil analisis data
dengan menggunakan statistik deskripstif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum
diajar dengan pembelajaran di luar kelas (outing class) yaitu sebesar 52,41 dan nilai ratarata
setelah diajar dengan pembelajaran luar kelas (outing class) sebesar 83,43. Adapun
hasil analisis statistik < 𝛼 = 0,05 (0,037 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1
diterima, dengan tingkat kepercayaan 95% dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil
keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik sebelum diajar menggunakan
metode pembelajaran di luar kelas (outing class) tidak sama dengan nilai rata-rata hasil
keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik setelah diajar mengguanakan
pembelajaran di luar kelas (outing class).

References

Azizah, N. (2016),“Peningkatan Keterampilan

Menulis Karangan Deskripsi

Mengguanakan Audio Visual pada Siswa

Kelas V SD” Jurnal Pendidikan Dasar

edisi 24 tahun no. 5.

Oktaviani, A. (2013) “Peningkatan Keterampilan

Menulis Karangan Dengan Menggunakan

Model Outdoor Learning Siswa Kelas IV

SD Dharman Karya UT Pondok Cabe

”Skripsi Aceh: Program Strata 1,

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Banda Aceh,.

Dalma, (2011) Keterampilan Menulis Karangan

Deskripsih Cet. I; Jakarta: Bina

rupaAksara.

Sudjana, N. (2002),Penilaian Hasil Proses Belajar

Mengajar, (Bandung: Remaja Rosda

karya.

Sugiyono (2017). Model Penelitian Pendidikan:

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D.Cet XXVI; Bandung: Alfabeta.

Sri, H. (2013) Peningkatan Menulis Karangan

Deskripsi Dengan Metode Field Trip

Kelas IV SD Negeri Gegulu Kulon

Progo”.Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan

Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2013), Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Pendidikan, (Cet,X

Jakarta Pratama Mandiri.

Tariga, H.G. (1982) menulis sebagai keterampilan

berbahasa, Bandung: Angkasa.

Widiasworo, E. (2017). , Strategi dan Metode Mengajar

Siswa di Luar Kelas (Oudoor Learning Secara

Aktif, Kreatif, inspirasi, dan Komunikasi),Cet I

Malang)..

Vera, A. (2012) model mengajak anak di luar kelas,

Jogjakarta: diva press.

Arikunto,S.(1988).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik.Yogyakarta:BalaiPustaka,

EnreA.F.Dasar –Dasar Keterampilan Menulis.

Jakarta: Deapartemen Pendidikan Dan

Kebudayaan.

Saat, S. (2018). yang berjudul“Pengantar

Metodologi Penelitian Panduan Bagi

Peneliti.

Tarigan, H. G. (2005). Membaca Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Sugiyono, (2009). Daar Menulis Karangan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Vera, A. (2012) .Metode Mengajar Anak Di Luar

Kelas (Outdoor Study).Yogyakarta:Diva

Press.

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 123 times