PERAN GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

  • ِAbdullah Muhammad Mahasiswa Program Doktor Prodi Dirasah Islamiyah Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yaumi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Misykat Malik Ibrahim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Achruh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Artikel ini membahas tentang Peran Guru Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI) dalam  Pembinaan Karakter (akhlak) Peserta Didik  pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Tidore Kepulauan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji peran guru mata pelajaran agama Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri di Kota Tidore Kepulauan.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 di Kota Tidore Kepulauan, dengan pendekatan pedagogis, sosiologis dan psikologis. Data bersumber dari Guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, peserta didik dan tokoh pendiri Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 di Kota Tidore Kepulauan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri, dan juga menggunakan panduan observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu : kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data, untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan Pertama bahwa peran guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan nilai karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 di Kota Tidore Kepulauan yang terdiri dari nilai karakter relegius dengan melaksankan peran sebagai sumber keteladan dan pemberi nasehat. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam kehidupan sehingga orang-orang ketika jauh dari nilai-nilai karakter maka mereka tidak lagi memikirkan tentang baik buruknya, akan tetapi mereka hanya memikirkan untuk memuaskan hawa nafsunya walupun itu, melanggar norma-norma masyarakat dan agama.

References

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi Cet. II; Bandung : Alfabeta, 2012.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah, dan Perguruan Tinggi Cet. V; Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2012.
Murdiyatmoko, Janu, Sosiologi Memahami dan Mengkaji Masyarakat Bandung: Grafindo Media Pratama, 2007.
Soekanto, Soerjono, Elit Pribumi Bengkulu Jakarta: Balai Pustaka,1990.
Taneko, Soeleman B., Sosiologi Menyelami Fenomena di Masyarakat Bandung: Setia Purna Inves, 1986.
Febrianty, “Pengaruh Role Conflict, Role Ambiguity, dan Work-Family Conflict terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada KAP di Sumatera Bagian Selatan)”, Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), Vol. 2 No. 3, Politeknik PalComTech (2012): 320.
Anisykurlillah, Indah, Agus Wahyudin dan Kustiani, “Pengaruh Role Stressor terhadap Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jawa Tengah”, Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol. 5, No. 2 ISSN 2085-4277, Universitas Negeri Semarang (2013): 110
Biddle, B. J., “Recent Developments in Role Theory”, Annual Reviews Inc, University of Missouri-Columbia (1986): 67. Dalam Repositori IAIN KUDUS diakses pada tanggal 2 Maret 2023.
Prasetyo, Angga dan Marsono, “Pengaruh Role Ambiguity dan Role Conflict terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal”, Jurnal Akuntansi & Auditing, Volume 7 No. 2, Universitas Diponegoro (2011): 153. Diakses pada tanggal 2 Maret 2023.
Rusman, Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profeasionalisme Guru Cet. V; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam Cet. III; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama Cet. XVII; Jakarta : Bulan Bintang, 2005.




Data Wawancara dan Observasi
Hasil Wawancara Gabungan Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tidore Kepulauan 12 Maret 2023
Ade Hasan, SAg. Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Negeri Madrasah Aliyah Negeri 1 KotaTidore Kepulauan Utara. Wawancara, Tidore, 1 Juni 2023
Muslim Syamsi, SAg. Guru Mata Pelajaran al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Negeri Madrasah Aliyah Negeri 1 KotaTidore Kepulauan Utara. Wawancara, Tidore 1, Juni, 2023
Hasil Observasi pada bulan Mei-Juli 2023
Marwa Adjaran, SAg. Guru al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Negeri Madrasah Aliyah Negeri 1 KotaTidore Kepulauan Utara, Wawancara, Tanggal 19 Mei 2023
Nurain Nurdin, SAg. Guru Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Negeri Madrasah Aliyah Negeri 1 KotaTidore Kepulauan Utara. Wawancara, Tidore 17 Mei 2023
M. Rifaldi Abidin, Ketua OSIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan. Wawancara, Tidore 5 Juni 2023
Hasil Observasi pada bulan Mei-Juli 2023
Hasil Observasi pada bulan Mei-Juli 2023
Published
2024-12-27
How to Cite
Muhammadِ., Yaumi, M., Ibrahim, M. M., & Andi Achruh. (2024). PERAN GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA TIDORE KEPULAUAN. Jurnal Diskursus Islam, 12(3), 382-298. https://doi.org/10.24252/jdi.v12i3.50830
Abstract viewed = 17 times