KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PENERBANGAN TECHNO TERAPAN MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini mengkaji pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam untuk pembinaan akhlak peserta didik di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar. pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan teologis normatif, pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru, Staff dan peserta didik. Sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen, profil sekolah, data tenaga kependidikan, data tenaga pendidik, dan unsur penunjang pendidikan lainnya. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah penulis sendiri dan menyangkut instrumen tertentu seperti pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, display data, verifikasi data, editing data, dan tabulating data. Keabsahan data diuji dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam (Kegiatan Ikhrohist) di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar terbagi atas 3 bagian, yaitu kegiatan harian/mingguan, yang terdiri atas Shalat Dzuhur, Yasinan, Tadarus Al-Qur’an, Jum’at Bersih/BaktiSosial, Shalat Jum’at Berjama’ah, Seni Membaca al-Qur’an. Adapun kegiatan bulanan meliputi: infaq dan kajian Islami. Sedangkan kegiatan tahunan meliputi: peringatan hari-haribesar Islam, pesantren kilat dan ditutup dengan buka puasa bersama, serta kegiatan ekstrakurikuler terpadu yang dipusatkan didaerah desa belawa kabupaten sengkang dengan alokasi waktu 6 hari. Adapun peran pembina kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam (Ikhrohist) di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, adalah membimbing, mengatur dan mengarahkan peserta didik kepada program kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam (Kegiatan Ikhrohist) yang bersifat membina akhlak peserta didik.References
Burrep, Percy E., Modern High School Administration New York: Harper & Brothers Publisher, 1962.
Departemen Agama RI, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005.
Departemen Agama RI, Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI Nomor Dj.I/12A tahun 2009 tentang Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada sekolah, 2009.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelaksanaan Ekstrakurikuler, Kurikulum SMK Jakarta: Depdikbud, 1984.
Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Lengkap KTSP Yogyakarta: Mitra Pustaka 2007.
Faesal, Jusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam Jakarta: Gema Insani Pres, 1995.
Ibn Hanbal, Abu Abdullah Ahmad, Musnad Ahmad bin Hanbal Bairut: Maktabah al-Islami, 1978.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an The Great Miracle Cet. I; Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2013.
Muhaemin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Muhaimin dkk, Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigm Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum, Hingga Strategi Pembelajaran Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Mujahidin, Endin, Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah Jakarta: Pustaka al-Kaustar, 2005.
Peraturan Mendikbud RI No. 81A Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum.
Pidarta, Made, Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan Malang: Sarana Press, 1986.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Cet. III; Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 butir 6, pasal 3, pasal 4 ayat 4, pasal 4 ayat 3, dan pasal 12 ayat 1b.
Republik Indonesia, Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Bab 1 pasal 1 ayat 1, pasal 1 ayat 2, pasal 1 ayat 10, 18, 21 dan Bab 1 pasal 6.
Saleh, Abdul Rachman, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa Jakarta: Raja Grafidon persada 2006.
Sayuthy, Imam Jalaluddin bin Abi Bakar al-, Al-Jami’Al-Shagier Dar Al-Kutub Al-ilmiyah, Beirut Libanon.
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah, Cet ke VI; Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Sukardi, Dewa Ketut, Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah (Jakarta: Galia Indonesia, 1987.
Suryobroto, B., Proses Belajar Mengajar di Sekolah Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Suryosubroto, B., Proses Belajar Mengajar di Sekolah; Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Syahidin et.al, Moral dan Kognisi Islam Cet.III; Bandung: Alfabeta, 2009.
Sumber Wawancara
St. Rosmiati., Pendidik PAI SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Ruang Pendidik.
Abdul Muis, Wakasek Kesiswaan Pendidik SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Ruang Wakasek.
Muhammad Israk, Pembina Asrama SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Ruang Pembina Asrama.
Indra, Peserta Didik SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Mesjid SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar.
Irfan, Pendidik PAI SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Ruang Pendidik.
Sudirman Kadir, Kepala SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Ruang Kerjanya.
Muh. Adam Marnas, Pembina kesiswaan SMK Penerbangan Techno Terapan Makasssar, Interview oleh penulis di Ruang Pendidik.
Alfian Pangeran, Pembina Kesiswaan SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, Interview oleh penulis di Ruang Pembina Kesiswaan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).