PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VI

Main Article Content

Marlina Marlina
Usman Usman
Fajri Basam

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk (1) menghasilkan produk untuk memfasilitasi kemampuan metakognitif pada peserta didik kelas VI SDN
Inpres Pusu Kab. Bima yang valid, (2) menilai kualitas produk untuk memfasilitasi kemampuan metakognitif pada peserta didik kelas VI SDN Inpres Pusu Kab. Bima yang
valid. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, yang lebih dikenal dengan istilah
Research and Development (R&D), penelitian ini digunakan untuk mendapatkan hasil produk tertentu dan menguji kevalidan produk tersebut. Model pengembangan yang
digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul yang dikembangkan pada
mata pelajaran IPA berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik kelas VI SDN Inpres Pusu Kab. Bima, dari hasil uji kevalidan modul diperoleh data
hasil validasi ahli materi/isi dengan rata-rata 4,5 dan 4,72 berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli modul dengan rata-rata 4,29 berada pada kategori
sangat valid, tingkat kevalidan modul bahan ajar pembelajaran dinilai oleh guru dengan menggunakan angket guru dengan rata-rata 4,60 diperoleh dari nilai angket respon guru.

Article Details

How to Cite
Marlina, M., Usman, U., & Basam, F. (2024). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(1), 89-105. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i1.44873
Section
Artikel