HUBUNGAN HALAQAH TARBIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

  • Hartina Yusuf Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Yahdi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Munirah Munirah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan halaqah tarbiyah di SDIT Wihdatul
Ummah Makassar, 2) Prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V di
SDIT Wihdatul Ummah Makassar, 3) Hubungan halaqah tarbiyah dengan prestasi belajar bidang
studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V di SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Jenis
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah
peserta didik kelas V di SDIT Wihdatul Ummah Makassar, yang jumlahnya 91 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dikarenakan jumlah populasi yang tidak
mencukupi atau di bawah 100 orang, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen
penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif
pelaksanaan halaqah tarbiyah termasuk kategori baik dengan persentasi sebesar 23,1% dan prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik termasuk dalam kategori cukup baik dengan
persentasi sebesar 27,5%. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t
diperoleh hasil perhitungan yaitu rxy > rtabel yakni sebesar 0,932 > 0,1735 dan thitung > ttabel yakni
sebesar 53,166 > 1,6621, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
halaqah tarbiyah dengan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V
di SDIT Wihdatul Ummah Makassar.

References

Anggara, D.D. (2018) Penerapan Sistem

Pembelaran Halaqah Tarbiyah dalam

Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Mutarabbi Kader Lembaga

Mahasiswa Pencinta Masjid (MPM) Al-

Ishlah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Alauddin Makassar, Skripsi. Gowa;

UIN Alauddin Makassar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Asra, A & Achmad P. (2016). Pengambilan

Sampel Dalam Penelitian Survei. Jakarta:

Rajawali Pers.

Azis, R. (2017) Ilmu Pendidikan Islam. Gowa:

Pusaka Almaida.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahaking , R. (2003). Jejak Pembaharuan

Pendidikan Pesantren. Jakarta; Prodatama

Wira Gemilang.

Chaeruddin B. (2009) Metodologi Pengajaran

Agama Islam Luar Sekolah. Yogyakarta:

Lanarka Publisher.

Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan

Terjemahnya. Jakarta: CV Darus Sunnah.

Hadjar, I. (1999) Dasar-dasar Metodologi Penelitian

Kuantitaif dalam Pendidikan. Jakarta: PT.

Raja GrafindoPersada.

Hariandi, A. (2019). Peranan Pembelajaran

Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai

Karakter Religius dan Nasionalisme

Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA :

Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol VI,

no. 2.

Rahman, U. (2014). Memahamai Psikologi Dalam

Pendidikan, Teori dan Aplikasi. Gowa:

Alauddin University Pers.

Rasyid, M. R. (2017). Ilmu Pendidikan Islam.

Gowa: Pusaka Almaida.

Ridwanullah, M. (2015). Perbedaan Pendekatan

Pembelajaran Klasikal dan Halaqah pada

Mata Pelajaran Al-Quran di SD Al-

Irsyad Surakarta. Skripsi. Surakarta;

Fakultas Agama Islam Jurusan

Pendidikan Agama Islam.

Saat, S., & Sitti, M. (2018). Pengantar Metodologi

Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula.

Makassar: SIBUKU.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif:

Dilengkapi dengan Perbndingan Perhitungan

Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010). Belajar & Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka

Cipta.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sudinata, M.A. (2017). Penerapan Tehnik

Halaqah dalam Upaya Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Sejarah -Kebudayaan Islam di Madrasah

Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan

Bekasi(Penelitian Quasi Eksperimen).

Skripsi. Jakarta; Fakultas Ilmu Tarbiyah

dan Keguruan Jurusan Pendidikan

Agama Islam.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, R. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali

Pers.

Zulfahmi. (2013) Pendidikan Model Halaqah

Dalam Meningkatkan Pendidikan

Agama Islam (Studi Pendidikan

Nonformal di Desa Pilang, Kec.

Masaran, Kab. Sragen). Skripsi.

Surakarta; Fak. Agama Islam Jurusan

Pendidikan Agama Islam.

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 122 times