HUBUNGAN HALAQAH TARBIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

Main Article Content

Hartina Yusuf
Muhammad Yahdi
Munirah Munirah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan halaqah tarbiyah di SDIT Wihdatul
Ummah Makassar, 2) Prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V di
SDIT Wihdatul Ummah Makassar, 3) Hubungan halaqah tarbiyah dengan prestasi belajar bidang
studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V di SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Jenis
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah
peserta didik kelas V di SDIT Wihdatul Ummah Makassar, yang jumlahnya 91 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dikarenakan jumlah populasi yang tidak
mencukupi atau di bawah 100 orang, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen
penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif
pelaksanaan halaqah tarbiyah termasuk kategori baik dengan persentasi sebesar 23,1% dan prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik termasuk dalam kategori cukup baik dengan
persentasi sebesar 27,5%. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t
diperoleh hasil perhitungan yaitu rxy > rtabel yakni sebesar 0,932 > 0,1735 dan thitung > ttabel yakni
sebesar 53,166 > 1,6621, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
halaqah tarbiyah dengan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V
di SDIT Wihdatul Ummah Makassar.

Article Details

How to Cite
Yusuf, H., Yahdi, M., & Munirah, M. (2021). HUBUNGAN HALAQAH TARBIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 3(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v3i1.19676
Section
Artikel

References

Anggara, D.D. (2018) Penerapan Sistem
Pembelaran Halaqah Tarbiyah dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Mutarabbi Kader Lembaga
Mahasiswa Pencinta Masjid (MPM) Al-
Ishlah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Alauddin Makassar, Skripsi. Gowa;
UIN Alauddin Makassar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Asra, A & Achmad P. (2016). Pengambilan
Sampel Dalam Penelitian Survei. Jakarta:
Rajawali Pers.
Azis, R. (2017) Ilmu Pendidikan Islam. Gowa:
Pusaka Almaida.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahaking , R. (2003). Jejak Pembaharuan
Pendidikan Pesantren. Jakarta; Prodatama
Wira Gemilang.
Chaeruddin B. (2009) Metodologi Pengajaran
Agama Islam Luar Sekolah. Yogyakarta:
Lanarka Publisher.
Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan
Terjemahnya. Jakarta: CV Darus Sunnah.
Hadjar, I. (1999) Dasar-dasar Metodologi Penelitian
Kuantitaif dalam Pendidikan. Jakarta: PT.
Raja GrafindoPersada.
Hariandi, A. (2019). Peranan Pembelajaran
Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai
Karakter Religius dan Nasionalisme
Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA :
Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol VI,
no. 2.
Rahman, U. (2014). Memahamai Psikologi Dalam
Pendidikan, Teori dan Aplikasi. Gowa:
Alauddin University Pers.
Rasyid, M. R. (2017). Ilmu Pendidikan Islam.
Gowa: Pusaka Almaida.
Ridwanullah, M. (2015). Perbedaan Pendekatan
Pembelajaran Klasikal dan Halaqah pada
Mata Pelajaran Al-Quran di SD Al-
Irsyad Surakarta. Skripsi. Surakarta;
Fakultas Agama Islam Jurusan
Pendidikan Agama Islam.
Saat, S., & Sitti, M. (2018). Pengantar Metodologi
Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula.
Makassar: SIBUKU.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif:
Dilengkapi dengan Perbndingan Perhitungan
Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010). Belajar & Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka
Cipta.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sudinata, M.A. (2017). Penerapan Tehnik
Halaqah dalam Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Sejarah -Kebudayaan Islam di Madrasah
Tsanawiyah Tarbiyatus Sibyan
Bekasi(Penelitian Quasi Eksperimen).
Skripsi. Jakarta; Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan Jurusan Pendidikan
Agama Islam.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahab, R. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali
Pers.
Zulfahmi. (2013) Pendidikan Model Halaqah
Dalam Meningkatkan Pendidikan
Agama Islam (Studi Pendidikan
Nonformal di Desa Pilang, Kec.
Masaran, Kab. Sragen). Skripsi.
Surakarta; Fak. Agama Islam Jurusan
Pendidikan Agama Islam.