PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V MIN 02 MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Metode pembiasaan guru kelas V di MIN 02
Makassar 2) Penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V MIN 02 Makassar 3) Pengaruh
Metode pembiasaan terhadap penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V di MIN 02
Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas
V berjumlah 102 orang dan sampel penelitian yaitu kelas V C dan V D berjumlah 48 orang, adapun cara
pengampilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan
angket dimana angket yang disebarkan oleh peneliti bersifat tertutup dikarenakan pilihan atau option
jawabannya sudah disediakan oleh peneliti atau pendapat responden sesuai dengan apa yang diamati.
Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru termasuk kategori
sedang dengan persentasi sebesar 52% dan penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik berada
pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 52%. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan
menggunakan rumus uji regresi linear sederhana diperoleh hasil perhitungan ( 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > ( 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ) ( 25,970
> 1,678 ) dan p- Value = 0,000 < 0,05 artinya signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan yang
ditentukan, dan pengaruhnya sebesar 93,6% maka dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 jadi
terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembiasaan yang dilakukan guru terhadap penanaman
Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V MIN 02 Makassar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Terjemahnya (Bandung: CV Jumanatul Ali-
Art (J-ART).
Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi
Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Azizah, Tsalis Nurul. (2017). “Pembentukan
Karakter Religius Berbasis Pembiasaan dan
Keteladanan Di SMA Sains Al-Quran
Wahid Hasyim Yogyakarta”, SkripsiFak.
Tarbiyah dan Keguruan.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian,
Suatu Pendekatan Praktik, Cet.XV; Jakarta:
Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian
Pendidikan,Cet. II, Bandung: Alfabeta.
Farid, Syaikh Ahmad, (2011). Pendidikan Berbasis
Metode (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah), Surabaya: PT. elBA FITRAH MANDIRI
SEJAHTERA.
Ismail, Muhammad Ilyas. (2012). Pendidikan
Karakter Suatu Pendekatan Nilai, Makassar:
Alauddin University Press.
Lubis, Rohima. (2016). “Implementasi Metode
Pembiasaan Pada Pendidikan Agama Islam
DI SD Negeri No. 101102 Sipange
Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten
Tapanuli Selatan”, Skripsi Fak. Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan, Sumatera Selatan.
Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter,
Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.
Nuryamin, Strategi Pendidikan Islam Dalam
Pembinaan Kehidupan Sosial-Keagamaan
(Upaya Membumikan Pendidikan Nilai),
Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Nopriadi, Eko. (2016). “Penerapan Metode
Pembiasaan Untuk Menanamkan Nilainilai
Pendidikan Islam Pada Siswa SD
Negeri 38 Janna-janayya Kec. Sinoa Kab.
Bantaeng”, Skripsi Fak. Tarbiyah dan
Keguruan.
Rosdiana, Ai Ida. (2011). “Pengaruh Pendidikan
Agama Islam Terhadap Pembiasaan
Akhlak Karimah Siswa SMK Khazanah
Kebajikan Pondok Cabe Ilir ”, SkripsiFak.
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan
Pendidikan Agama Islam.
Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan,
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saat, Sulaiman dan Sitti Mania, (2019) Pengantar
Metodologi Peneltian Panduan Bagi Peneliti
Pemula, Gowa: Pusaka Almaida.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan,
Bandung: Alfabeta.
Syahidin, (2009). Menelusuri Metode Pendidikan
dalam al-Quran, Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. (2005). Ilmu Pendidik dalam
Perspektif Islam, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2005.
Zuhri, Saifuddin., dkk., Metodologi Pengajaran
Agama, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah
IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama
dengan Pustaka Pelajar, 1999.