PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V MIN 02 MAKASSAR

  • Nurul Fadilah Amiruddin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Yahdi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nuryamin Nuryamin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Metode pembiasaan guru kelas V di MIN 02
Makassar 2) Penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V MIN 02 Makassar 3) Pengaruh
Metode pembiasaan terhadap penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V di MIN 02
Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas
V berjumlah 102 orang dan sampel penelitian yaitu kelas V C dan V D berjumlah 48 orang, adapun cara
pengampilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan
angket dimana angket yang disebarkan oleh peneliti bersifat tertutup dikarenakan pilihan atau option
jawabannya sudah disediakan oleh peneliti atau pendapat responden sesuai dengan apa yang diamati.
Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru termasuk kategori
sedang dengan persentasi sebesar 52% dan penanaman Nilai-nilai Agama Islam peserta didik berada
pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 52%. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan
menggunakan rumus uji regresi linear sederhana diperoleh hasil perhitungan ( 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > ( 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ) ( 25,970
> 1,678 ) dan p- Value = 0,000 < 0,05 artinya signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan yang
ditentukan, dan pengaruhnya sebesar 93,6% maka dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 jadi
terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembiasaan yang dilakukan guru terhadap penanaman
Nilai-nilai Agama Islam peserta didik kelas V MIN 02 Makassar.

References

Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan

Terjemahnya (Bandung: CV Jumanatul Ali-

Art (J-ART).

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi

Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Azizah, Tsalis Nurul. (2017). “Pembentukan

Karakter Religius Berbasis Pembiasaan dan

Keteladanan Di SMA Sains Al-Quran

Wahid Hasyim Yogyakarta”, SkripsiFak.

Tarbiyah dan Keguruan.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian,

Suatu Pendekatan Praktik, Cet.XV; Jakarta:

Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan,Cet. II, Bandung: Alfabeta.

Farid, Syaikh Ahmad, (2011). Pendidikan Berbasis

Metode (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah), Surabaya: PT. elBA FITRAH MANDIRI

SEJAHTERA.

Ismail, Muhammad Ilyas. (2012). Pendidikan

Karakter Suatu Pendekatan Nilai, Makassar:

Alauddin University Press.

Lubis, Rohima. (2016). “Implementasi Metode

Pembiasaan Pada Pendidikan Agama Islam

DI SD Negeri No. 101102 Sipange

Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten

Tapanuli Selatan”, Skripsi Fak. Ilmu

Tarbiyah dan Keguruan, Sumatera Selatan.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter,

Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Nuryamin, Strategi Pendidikan Islam Dalam

Pembinaan Kehidupan Sosial-Keagamaan

(Upaya Membumikan Pendidikan Nilai),

Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Nopriadi, Eko. (2016). “Penerapan Metode

Pembiasaan Untuk Menanamkan Nilainilai

Pendidikan Islam Pada Siswa SD

Negeri 38 Janna-janayya Kec. Sinoa Kab.

Bantaeng”, Skripsi Fak. Tarbiyah dan

Keguruan.

Rosdiana, Ai Ida. (2011). “Pengaruh Pendidikan

Agama Islam Terhadap Pembiasaan

Akhlak Karimah Siswa SMK Khazanah

Kebajikan Pondok Cabe Ilir ”, SkripsiFak.

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan

Pendidikan Agama Islam.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan,

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania, (2019) Pengantar

Metodologi Peneltian Panduan Bagi Peneliti

Pemula, Gowa: Pusaka Almaida.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan,

Bandung: Alfabeta.

Syahidin, (2009). Menelusuri Metode Pendidikan

dalam al-Quran, Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. (2005). Ilmu Pendidik dalam

Perspektif Islam, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2005.

Zuhri, Saifuddin., dkk., Metodologi Pengajaran

Agama, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah

IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama

dengan Pustaka Pelajar, 1999.

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 141 times