PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V

Main Article Content

Reni Isnaeni Kardillah
St Syamsudduha
Safei

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan media diorama dan media big book pada hasil belajar dalam materi ekosistem pada peserta didik kelas V MIS Maroanging No.17
Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama
pada pe lajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (3) untuk mengetahui membandingkan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama dan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelas tersebut melalui
 nalisis deskriptif yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama sebesar 75,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta
didik dengan media big book sebesar 82,2. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung =3,453>ttabel= 2,042 dan signifikan
(0,00<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan media diorama dan media big book terhadap hasil belajar peserta didik kelas
V MIS Maroanging No.17 Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

Article Details

How to Cite
Kardillah, R. I., Syamsudduha, S., & Safei. (2022). PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 4(1), 42-51. https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27187
Section
Artikel