PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “HIDUP RUKUN” DI KELAS II

Main Article Content

Ayu Wulandari
Muljono Damopolii
Andi Halimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas
perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema “Hidup Rukun”
dengan subtema “Hidup Rukun di Rumah” kelas II di MI Darul Hikmah Makassar. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang
mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran
(dessiminate) yang dilaksanakan di kelas II. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan
data ini dibagi menjadi tiga, yaitu format validasi, format kepraktisan, dan format
keefektivan. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien
validasi perangkat pembelajaran, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3, 58
(sangat valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,35 (Valid). Untuk kepraktisan
perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkat
pembelajaran 3,53 (sangat valid) dan angket respons guru terhadap perangkat 3,63 (sangat
valid). Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan,
diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 95,33% dari 15 dengan sebanyak 2 orang
mendapatkan nilai tinggi dan nilai sangat tinggi sebanyak 13 orang peserta didik.

Article Details

How to Cite
Wulandari, A., Damopolii, M., & Halimah, A. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “HIDUP RUKUN” DI KELAS II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 1(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v1i2.12399
Section
Artikel

References

Al-Qur’an & Terjemahnya. Jakarta:
Departemen Agama Republik
Indonesia.
Amri, S. Pengembangan & Model
Pembelajaran dalam Kurikulum
2013.Cet. I; Jakarta: Prestasi
Pustakarya, 2013.
Arikunto, Suharsimin. Prosedur Penelitian
Suatu PendekatanPraktek. Jakarta: PT
Rineka Cipta, 2002.
Arikunto, Suharsimin. Manajemen
Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta,
2013.
Benny. Desain dan Pengembangan Program
Pelatihan Berbasis Kompetensi:
Implementasi Model ADDIE. Jakarta:
Kencana, 2014.
Deni, Kurniawan Pembelajaran Terpadu
Tematik: Teori, Praktik, dan
Penilaian.Cet. I; Bandung: Alfabeta,
2014.
Departemen Agama Islam.Al-Qur’an dan
Terjemahnya.Surabaya: Sukses
Publishing, 2012.
Gafur, Abdul. Desain Pembelajaran: Konsep,
Model, Dan Aplikasinya Dalam
Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran.
Yogyakarta: Ombak, 2012.
Hajar, Ibnu. Panduan Lengkap Kurikulum
Tematik. Cet. I; Yogyakarta: DIVA
Press, 2013.
Hasbullah.Dasar-Dasar ilmu pendidikan.
Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,
2008.
Htpp://aisyahyazid.blogspot.com/2011/1
2/kevalidan-kepraktisan-dan-efek (06-
02-2019).
Ibnu, Trianto Badar at-Taubany dan Hadi
Suseno.Desain Pengembangan
Kurikulum 2013 di Madrasah.Cet.I;
Jakarta: Kencana, 2017.
Ibnu, Trianto Badar al-Tabany.Mendesain
Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,
dan Kontekstual. Cet.III; Jakarta:
Kencana, 2017.
Ibnu, Trianto Badar. Desain Pengembangan
Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia
Dini dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI.
Ismail, Risma. “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Berbasis
Kontekstual Pada Pokok Bahasan
Perbandingan Kelas VII SMPN 27
Makassar”, Skripsi.Makassar: Fak.
Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin, 2017.
Kemendikbud RI. Peraturan Pemerintah No.
32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2013.
Majid, Abdul. Pendekatan Ilmiah Dalam
Implementasi Kurikulum 2013. Cet.I;
Bandung: Remaja Dosrakarya, 2015).
Mu’minin, Nurul MZ. “Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Tematik-
Integratif Berbasis Sastra Bagi Siswa
Kelas V Sekolah Dasar”. vol. 4 no. 3 -
(July 2016). http:
//journal.uny.ac.id/index.php/jpe.
(Diakses 21-02-2019).
Mayarnimar, Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Tematik Berorientasi
Pendekatan Saintifik dalam Upaya
Membangun Kecerdasan Siswa di Kelas I
Sekolah Dasar.Jurnal; 4896-9927-1-SM.
Pdf. (01 Desember 2018).
Nabila, Jihan.Strategi Pembelajaran Berbasis
Pendekatan Saintifik pada Materi
Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Yogyakarta: Diandra Creative, 2015.
Purnamasari, Veryliana dan Muhammad
nur wangid. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Scientific Aproach
untuk Membangun Karakter Kepedulian
dan Kedisiplinan no. 2 (Diakses
oktober 2016)
Poerdarminata, WJS. Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 202.
Putra, Nusa. Research & Development
Penelitian dan Pengembangan. Jakarta:
Rajawali Pers, 2015.
Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar
Tematik Tinjauan Teoritis dan
Praktik.Cet. II, Kencana: Jakarta,
2016.
Rahayuningsih, Dwi Indah.
“Pengembangan Lembar Kegiatan
Peserta didik (LKPD) dengan Pendekatan
Saintifik untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa
Kelas IV Sekolah Dasarr”. vol. 4 no. 2 -
(Mei 2018). http: //journal.unesa.-
ac.id/index.php/PD.
Rusman.Pembelajaran Tematik Terpadu
Teori, Praktik dan Penilaian. Cet. II;
Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Rusman.Belajar dan Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan.Cet. I; Jakarta: Kharisma
Putra Utama, 2017.
Rusman.Pembelajaran Tematik Terpadu
Teori, Praktik dan Penelitian. Cet. II;
Jakarta: Rajawali Pers, 2015.