PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “HIDUP RUKUN” DI KELAS II

  • Ayu Wulandari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muljono Damopolii Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas
perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema “Hidup Rukun”
dengan subtema “Hidup Rukun di Rumah” kelas II di MI Darul Hikmah Makassar. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang
mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran
(dessiminate) yang dilaksanakan di kelas II. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan
data ini dibagi menjadi tiga, yaitu format validasi, format kepraktisan, dan format
keefektivan. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisien
validasi perangkat pembelajaran, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3, 58
(sangat valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,35 (Valid). Untuk kepraktisan
perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkat
pembelajaran 3,53 (sangat valid) dan angket respons guru terhadap perangkat 3,63 (sangat
valid). Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan,
diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 95,33% dari 15 dengan sebanyak 2 orang
mendapatkan nilai tinggi dan nilai sangat tinggi sebanyak 13 orang peserta didik.

References

Al-Qur’an & Terjemahnya. Jakarta:

Departemen Agama Republik

Indonesia.

Amri, S. Pengembangan & Model

Pembelajaran dalam Kurikulum

Cet. I; Jakarta: Prestasi

Pustakarya, 2013.

Arikunto, Suharsimin. Prosedur Penelitian

Suatu PendekatanPraktek. Jakarta: PT

Rineka Cipta, 2002.

Arikunto, Suharsimin. Manajemen

Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Benny. Desain dan Pengembangan Program

Pelatihan Berbasis Kompetensi:

Implementasi Model ADDIE. Jakarta:

Kencana, 2014.

Deni, Kurniawan Pembelajaran Terpadu

Tematik: Teori, Praktik, dan

Penilaian.Cet. I; Bandung: Alfabeta,

Departemen Agama Islam.Al-Qur’an dan

Terjemahnya.Surabaya: Sukses

Publishing, 2012.

Gafur, Abdul. Desain Pembelajaran: Konsep,

Model, Dan Aplikasinya Dalam

Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran.

Yogyakarta: Ombak, 2012.

Hajar, Ibnu. Panduan Lengkap Kurikulum

Tematik. Cet. I; Yogyakarta: DIVA

Press, 2013.

Hasbullah.Dasar-Dasar ilmu pendidikan.

Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,

Htpp://aisyahyazid.blogspot.com/2011/1

/kevalidan-kepraktisan-dan-efek (06-

-2019).

Ibnu, Trianto Badar at-Taubany dan Hadi

Suseno.Desain Pengembangan

Kurikulum 2013 di Madrasah.Cet.I;

Jakarta: Kencana, 2017.

Ibnu, Trianto Badar al-Tabany.Mendesain

Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,

dan Kontekstual. Cet.III; Jakarta:

Kencana, 2017.

Ibnu, Trianto Badar. Desain Pengembangan

Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia

Dini dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI.

Ismail, Risma. “Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Matematika Berbasis

Kontekstual Pada Pokok Bahasan

Perbandingan Kelas VII SMPN 27

Makassar”, Skripsi.Makassar: Fak.

Tarbiyah dan Keguruan UIN

Alauddin, 2017.

Kemendikbud RI. Peraturan Pemerintah No.

Tahun 2013 tentang Perubahan atas

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun

tentang Standar Nasional

Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2013.

Majid, Abdul. Pendekatan Ilmiah Dalam

Implementasi Kurikulum 2013. Cet.I;

Bandung: Remaja Dosrakarya, 2015).

Mu’minin, Nurul MZ. “Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Tematik-

Integratif Berbasis Sastra Bagi Siswa

Kelas V Sekolah Dasar”. vol. 4 no. 3 -

(July 2016). http:

//journal.uny.ac.id/index.php/jpe.

(Diakses 21-02-2019).

Mayarnimar, Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Tematik Berorientasi

Pendekatan Saintifik dalam Upaya

Membangun Kecerdasan Siswa di Kelas I

Sekolah Dasar.Jurnal; 4896-9927-1-SM.

Pdf. (01 Desember 2018).

Nabila, Jihan.Strategi Pembelajaran Berbasis

Pendekatan Saintifik pada Materi

Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Yogyakarta: Diandra Creative, 2015.

Purnamasari, Veryliana dan Muhammad

nur wangid. Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Scientific Aproach

untuk Membangun Karakter Kepedulian

dan Kedisiplinan no. 2 (Diakses

oktober 2016)

Poerdarminata, WJS. Kamus Umum Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 202.

Putra, Nusa. Research & Development

Penelitian dan Pengembangan. Jakarta:

Rajawali Pers, 2015.

Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar

Tematik Tinjauan Teoritis dan

Praktik.Cet. II, Kencana: Jakarta,

Rahayuningsih, Dwi Indah.

“Pengembangan Lembar Kegiatan

Peserta didik (LKPD) dengan Pendekatan

Saintifik untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa

Kelas IV Sekolah Dasarr”. vol. 4 no. 2 -

(Mei 2018). http: //journal.unesa.-

ac.id/index.php/PD.

Rusman.Pembelajaran Tematik Terpadu

Teori, Praktik dan Penilaian. Cet. II;

Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Rusman.Belajar dan Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan.Cet. I; Jakarta: Kharisma

Putra Utama, 2017.

Rusman.Pembelajaran Tematik Terpadu

Teori, Praktik dan Penelitian. Cet. II;

Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Published
2020-02-03
Section
Artikel
Abstract viewed = 380 times