PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES PANAIKANG KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA

  • Nurhikmah Nurhikmah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Shabir U Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik akrostik
terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas V SD Inpres Panaikang
Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Penelitian ini melibatkan dua variabel
yakni variabel bebas yaitu teknik akrostik sedangkan variabel terikat yaitu menulis
puisi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dan
desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas V di SD Inpres Panaikang Kecamatan Tinggimoncong
Kabupaten Gowa berjumlah 15 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah
menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian
ini adalah tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian dari statistik deskriptif diperoleh nilai
rata-rata kemampuan menulis puisi sebelum penggunaan teknik akrostik yaitu 54 dan
setelah penggunaan teknik akrostik nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu
77,9 dan statistik inferensial diperoleh uji dua pihak sig. <a (0,05<0,14). Berdasarkan
hasil penelitian di atas dapat diketahui nilai preetest tidak sama dengan nilai posttest,
dalam artian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan tingkat kepercayaan 95 %. Dikatakan
bahwapenggunaan teknik akrostik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi
pada peserta didik kelas V SD Inpres Panaikang Kecamatan Tinggimoncong
Kabupaten Gowa.Sangat disarankan bagi pendidik menggunakan teknik akrostik agar
peserta didik dapat lebih mudah mengembangkan kata-kata dalam menulis puisi,
sebagai seorang pendidik perlu memperhatikan metode dalam pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik, dan kepada peneliti selanjutnya,
diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini sehingga mampu mengatasi
kekurangan dalam penelitian ini

References

Arifin, M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan

Islam, Cet: I; Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. (2012) Keterampilan Menulis, Jakarta:

PT Grafindo Persada.

Hamruni. (2012) Strategi Pembelajaran.

Yogyakarta: Insan Madani.

Mulyati. (2013) Bahasa Indonesia. Jakarta;

Universitas Terbuka.

Mustami, M.K. (2015) Metodologi Penelitian

Pendidikan, Makassar: Aynat Publising.

Pirnawati. (2015) Peningkatan Kemampuan

Menulis Puisi dengan Teknik Menulis Puisi

Akrostik,Surabaya: Kresna Bina Insan

Prima.

Purba, A. (2010) Sastra Indonesia Kontemporer,

Bandung: Graha Ilmu.

Putri, R.D. (2012) Pintar dan Pantun Puisi

Peribahasa, Surabaya: Palito Media.

Sugiyono. (2013) Model Penelitian Pendidikan,

Cet. IV; Bandung: Alfabeta.

Wardoyo. (2013) Sigit Mangun. Teknik Menulis

Puisi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2020-08-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 122 times