PENGARUH PELAKSANAAN MAJELIS TARBIYAH WAHDAH ISLAMIYAH TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

  • Nur Afrizqy Aksahra Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Sulaiman Saat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Besse Marjani Alwi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M Mirza Fatahullah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah di SD IT Wihdatul
Ummah Makassar, 2) Pembentukan akhlak karimah peserta didik kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Makassar, 3)
Menguji adakah pengaruh pelaksanaan majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah terhadap pembentukan akhlak karimah
peserta didik kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi
dalam penelitian yaitu guru berjumlah 28 orang dan peserta didik berjumlah 150 orang dan sampel penelitian ini guru
berjumlah 15 orang dan peserta didik berjumlah 15 orang, adapun cara pengampilan sampelnya menggunakan simple
random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi . Data yang terkumpul diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pelaksanaan
majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 53% dan pembentukan
akhlak karimah peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 60%. Berdasarkan hasil statistik
inferensial dengan menggunakan rumus uji regresi linear sederhana diperoleh hasil perhitungan ( π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > ( π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ ) (
7,589 > 1,770 ) dan p- Value = 0,000 < 0,051 artinya signifikasi lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditentukan, dan
pengaruhnya sebesar 80,2% maka dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 jadi terdapat pengaruh yang signifikan
antara pelaksanaan majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah terhadap pembentukan akhlak karimah peserta didik kelas IV
SD IT Wihdatul Ummah Makassar.

References

Abu, S.I. (2016). Back To Tarbiyah. Yogyakarta : Pro

–U Media

Aisyah ,St ,BM. (2014). Antara Akhlak etika dan

moral Makassar: Uin Alauddin Makassar.

Ali A.M. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid al – Halaby at

– Atsari. (2002) Tashfiyah dan Tarbiyah,

Solo.

Ardani, Moh. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Mitra Cahaya

Utama.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Bakhtiar, Bakhaqiilmi. (2019). Pengaruh Keaktifan

Mengikuti Kegiatan Majelis Ta’lim

Babussalam Terhadap Perilaku Keberagaman

Remaja di Karang Taruna Bina Remaja Desa

Banjaran Driyirejo Gresik. Skripsi. Surabaya:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas

Sunan Ampel.

Ben, (2018) Model Pendidikan Halaqah Wahdah

Islamiyah Makassar. Surakarta: Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Depdiknas, (2006). Undang – Undang RI No.20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Haq, Nuzul dan Suryani Mursalim, (2016). Penerapan

Tarbiyah Islamiyah dalam Pembinaan Akhlak

Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam

Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar, Jurnal

Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hariandi, Ahmad dkk.(2019). Peranan Pembelajaran

Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai

Karakter Religius dan Nasionalisme Siswa

Sekolah Dasar. AULADUNA : Jurnal

Pendidikan Dasar Islam, Vol VI, no. 2.

Husnul, (2019). Pengaruh Majelis Tarbiyah Terhadap

Pembentukan Akhlak Siswi Kelas IV SD IT

Wihdatul Ummah Guru di SD IT Wihdatul

Ummah Makassar.

Irfan. (2017). Penerapan Program Tarbiyah Islamiyah

dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di

SMP Islam terpadu Wahdah Islamiyah

Makassar. Skripsi Makassar: Fakultas

Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Mariah. (2010). Pendidikan Agama Pada Majelis

Ta’lim Ikrami dan Pengaruhnya Terhadap

Pembentukan Akhlak Remaja”, Skripsi

Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Syarif Hidayatullah.

Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi

Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta:

Rajawali Pers.. (2016). Konsep Hati Menurut

Al – Ghazali. Scholar Universitas Kebangsaan

Malaysia.

Nashruddin, Akhlak Ciri Manusia Paripurna.

Roidah, (2017). Membentuk Akhlak Anak. Jakarta: PT

Alex Media Komputindo.

Sugiono. (2012). Metodelogi Penelitian Administrasi.

Bandung: Alfabeta.

Ya’qub, Hamzah. (1993). Etika Islam, Bandung:

diponogoro.

Zakiya. (2014). Pengaruh Pendidikan Agama Islam

Terhadap Akhlak Siswa SMA Negeri51

Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu

Tarbiyah dan Keguruan sUniversitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah.

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 158 times