PENGARUH PELAKSANAAN MAJELIS TARBIYAH WAHDAH ISLAMIYAH TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

Main Article Content

Nur Afrizqy Aksahra
Sulaiman Saat
Besse Marjani Alwi
M Mirza Fatahullah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah di SD IT Wihdatul
Ummah Makassar, 2) Pembentukan akhlak karimah peserta didik kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Makassar, 3)
Menguji adakah pengaruh pelaksanaan majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah terhadap pembentukan akhlak karimah
peserta didik kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi
dalam penelitian yaitu guru berjumlah 28 orang dan peserta didik berjumlah 150 orang dan sampel penelitian ini guru
berjumlah 15 orang dan peserta didik berjumlah 15 orang, adapun cara pengampilan sampelnya menggunakan simple
random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi . Data yang terkumpul diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pelaksanaan
majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 53% dan pembentukan
akhlak karimah peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentasi sebesar 60%. Berdasarkan hasil statistik
inferensial dengan menggunakan rumus uji regresi linear sederhana diperoleh hasil perhitungan ( π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > ( π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ ) (
7,589 > 1,770 ) dan p- Value = 0,000 < 0,051 artinya signifikasi lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditentukan, dan
pengaruhnya sebesar 80,2% maka dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 jadi terdapat pengaruh yang signifikan
antara pelaksanaan majelis tarbiyah Wahdah Islamiyah terhadap pembentukan akhlak karimah peserta didik kelas IV
SD IT Wihdatul Ummah Makassar.

Article Details

How to Cite
Aksahra, N. A., Saat, S., Alwi, B. M., & Fatahullah, M. M. (2021). PENGARUH PELAKSANAAN MAJELIS TARBIYAH WAHDAH ISLAMIYAH TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 3(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v3i1.19678
Section
Artikel

References

Abu, S.I. (2016). Back To Tarbiyah. Yogyakarta : Pro
–U Media
Aisyah ,St ,BM. (2014). Antara Akhlak etika dan
moral Makassar: Uin Alauddin Makassar.
Ali A.M. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.
Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid al – Halaby at
– Atsari. (2002) Tashfiyah dan Tarbiyah,
Solo.
Ardani, Moh. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Mitra Cahaya
Utama.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Bakhtiar, Bakhaqiilmi. (2019). Pengaruh Keaktifan
Mengikuti Kegiatan Majelis Ta’lim
Babussalam Terhadap Perilaku Keberagaman
Remaja di Karang Taruna Bina Remaja Desa
Banjaran Driyirejo Gresik. Skripsi. Surabaya:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Sunan Ampel.
Ben, (2018) Model Pendidikan Halaqah Wahdah
Islamiyah Makassar. Surakarta: Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Depdiknas, (2006). Undang – Undang RI No.20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Haq, Nuzul dan Suryani Mursalim, (2016). Penerapan
Tarbiyah Islamiyah dalam Pembinaan Akhlak
Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam
Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar, Jurnal
Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Hariandi, Ahmad dkk.(2019). Peranan Pembelajaran
Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai
Karakter Religius dan Nasionalisme Siswa
Sekolah Dasar. AULADUNA : Jurnal
Pendidikan Dasar Islam, Vol VI, no. 2.
Husnul, (2019). Pengaruh Majelis Tarbiyah Terhadap
Pembentukan Akhlak Siswi Kelas IV SD IT
Wihdatul Ummah Guru di SD IT Wihdatul
Ummah Makassar.
Irfan. (2017). Penerapan Program Tarbiyah Islamiyah
dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di
SMP Islam terpadu Wahdah Islamiyah
Makassar. Skripsi Makassar: Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.
Mariah. (2010). Pendidikan Agama Pada Majelis
Ta’lim Ikrami dan Pengaruhnya Terhadap
Pembentukan Akhlak Remaja”, Skripsi
Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Syarif Hidayatullah.
Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi
Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta:
Rajawali Pers.. (2016). Konsep Hati Menurut
Al – Ghazali. Scholar Universitas Kebangsaan
Malaysia.
Nashruddin, Akhlak Ciri Manusia Paripurna.
Roidah, (2017). Membentuk Akhlak Anak. Jakarta: PT
Alex Media Komputindo.
Sugiono. (2012). Metodelogi Penelitian Administrasi.
Bandung: Alfabeta.
Ya’qub, Hamzah. (1993). Etika Islam, Bandung:
diponogoro.
Zakiya. (2014). Pengaruh Pendidikan Agama Islam
Terhadap Akhlak Siswa SMA Negeri51
Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan sUniversitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah.