PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Tri Ariani STKIP PGRI Lubuklinggau
    (ID)
  • Ovilia Putri utami gumay STKIP PGRI Lubuklinggau
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar siswa kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Desain penelitian yang digunakan  experiment group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini yaitu dengan soal tes berbentuk essay. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo dan sebagai sampelnya adalah kelas X.1 yang berjumlah 33 siswa dan kelas X.2 yang berjumlah 35 siswa dan diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh nilai thitung = 2,8019  ttabel =1,671. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction secara siginifikan lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing kelas X di MA Al-Muhajirin Tugumulyo”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, T. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 19-26.

Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Jauhar, 2011, Implementasi Paikem. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lovisia, E. (2019). Penerapan metode ekperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Muara Beliti. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(2), 114-120.

Majid, 2013, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marnoko, 2011, Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Konvensional Hasil Belajar Ekonomi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 4(2), 612-632.

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2014, Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, 2014, Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancaran, 3(2), 165-174.

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published
2020-10-05
How to Cite
Ariani, T., & gumay, O. P. utami. (2020). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 99-107. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i2.15267
Section
Articles
Abstract viewed = 392 times