PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X
Abstract
Jenis penelitian ini termasuk penelitian Pra Eksperimen Design dengan bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan pembelajaran berbasis media alat peraga pada materi fluida statis di kelas X KB 1 SMK Negeri 2 Makassar. Desain peneletian yang digunakan adalah Pretest-Postest Only Control Design. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis media alat peraga efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta karena terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata antara sebelum diajar dan setelah diajar menggunakan pembelajaran berbasis alat peraga dan berada pada kategorisasi yang berbeda.Downloads
References
Anggereni, Santih. 2014. Mengembangkan Asesmen kinerja melalui pembelajaran berbasis laboratorium. Makassar: Alauddin University Press. Departemen agama RI, 2004. Al-Qur’an dan terjemahannya. Bandung: CV Penerbit J.ART. Guevara, Christia Almario. 2015. Science Process Skills Development Throught Innovations in Science Teaching. Philippines, Res. J, Educational Sci. Kun Yuan Yang dan Jia Sheng Heh 2007. the Impact of Internet Virtual Physics
Laboratory Intruction on the Achievement in Physics, Science Process Skill and Computer Attitudes of 101th-Grade Students. Citation. Nadzhiro Af’idayani’. 2018. The effect inquiry model on science process skills and learning outcomes.Banjarmasin. Europa journal of educational studies. P Siahaan, A Suryani, I Kaniawati, E Suhendi and A Samsudin. 2017. Improving Students’ Sciens Process Skills throught simple computer simulation on linear motion conceptions. Bandung: Departemen Pendidikan Fisika(Journal of physics).
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Yunus, Muh. Maesar. 2017.Pengaruh model pembelajaran Direct Instruction melalui penggunaan alat peraga (Venturimeter) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi: Repository UIN Alauddin Makassar.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.