PENGARUH PENERAPAN PENDEKTAN SAINTIFIK BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel 2,048 dan thitung=3,065, maka diketahui nilai thitung (2, 048) ttabel (3,065) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 : 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model pembelajaran pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pesera didik di kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun 2018/2019.
Downloads
References
Gede, WJ., Boas P, Eka K.R.N Sembel, Lambang S, M. Yunus, 2014 Peberapan Pendekatan saintifik Melalui Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Mia 3 SMA Negeri 1 Tenggarong, Vol 16, Nomor 2.
Ika M, Laila F,2015, Pendekatan Scaintifik Dalam Pembelajaran Disekolah Dasar Edisi 1, Cetakan 1. Yogyakarta: Deepublish, April
Ninik M, 2012, Pembelajaran Fisika Dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Ditinjau Dari Kemampuan Matematik Dan Kemampuan Verbal Siswa, (Jurnal Inkuiri), Vol. 1, Nomor 3.
Sugiyono, 2009, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D”, Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.