DESKRIPSI KEBUTUHAN PENILAIAN TERINTEGRASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI SMA NEGERI 1 PALANGKARAYA

  • Rani Yatin Ulfah Program Studi Tadris (Pendidikan) FTIK IAIN Palangkaraya
    (ID)
  • Hadma Yuliani Tadris (Pendidikan) Fisika, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
    (ID)
  • Nadia Azizah Tadris (Pendidikan) Fisika, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
    (ID)
  • Jhelang Annovasho Tadris (Pendidikan) Fisika, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pembelajaran fisika menurut siswa; 2) Motivasi belajar siswa; 3) Materi dan soal dalam pembelajaran fisika; 4)Pengalaman belajar siswa menggunakan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian awal dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Palangkaraya sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran fisika tergolong sulit (84%) dantidak sulit (16%); 2) Motivasi siswa berturut-turut adalah sangat besar (4%), besar (40%), cukup besar (52%), dan kecil (4%); Materi fisika terdiri dari besaran dan satuan (28%), gerak lurus (57%), gerak melingkar (3%), dan hukum Newton tentang gerak (12%). Sedangkan soal fisika yaitu esai (41%), PG (30%), PG beralasan (15%), melengkapi (4%), menjodohkan (6%), danpertanyaan langsung (4%); 4) Pengalaman belajar siswa menggunakan soal HOTS adalah menganalisis (CS1) sebesar 28%, menganalisis (CS2) sebesar 16%, menganalisis (CS3) sebesar 15%, mengevaluasi (CS4) sebanyak 19%, dan mencipta (CS5) sebesar 22%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-25
How to Cite
Ulfah, R. Y., Yuliani, H., Azizah, N., & Annovasho, J. (2022). DESKRIPSI KEBUTUHAN PENILAIAN TERINTEGRASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI SMA NEGERI 1 PALANGKARAYA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(1), 23-35. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i1.25099
Section
Articles
Abstract viewed = 226 times