EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PINRANG

  • reski sudirman
  • Nur Salam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muh. Said L Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran motivasi dan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model problem based learning berbasis children learning in science dan model pembelajaran langsung pada kelas XI.IPA 3; 2) Gambaran motivasi dan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model problem based learning berbasis children learning in science dan model pembelajaran langsung pada kelas XI.IPA 4; 3) Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar yang dimiliki siswa antara siswa yang diajar dengan model problem based learning berbasis children learning in science dan model pembelajaran langsung . Desain penelitian yang digunakan adalah the matching-only posttest-only kontrol group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model problem based learning berbasis children learning in science dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas XI IPA SMAN 3 Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard, 2011, Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill.

Bloom, S Benjamin, 1956, Taxonomy Of Education Objectives, Canada, University Examiners.

Bilgin, Ibrahim. Erdal, Senocak. Mustafa, Sozbilir, 2009. The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Studedent`s Performance of Conceptual and Quantitative Problem in Gas Concepts,. Eurasia Jurnal of Mathematic, Sains and Tecnology Educations, Vol 5(2) hal 153.

Ersoy, Nes`e, Baser, 2010, The Effect of Problem Based Learning Process on Student Motivation, International Periodical For the Languages, Literature and History of Turkish or Turkic, Vol 5/4 hal. 337.

Fraenkel, Jack and Norman S.Wallen, 2009, How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw-Hill.

Hamzah, B. Uno, 2013, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.

Rusman, 2014, Model-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Depok, PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman A. M, 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Pers.

Sitiatava, Rizema dan Putra, 2013, Desain Pembelajaran Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Yogjakarta, Diva Press.

Sudjana, Nana, 2011, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensi

Published
2017-03-01
How to Cite
sudirman, reski, Salam, N., & Said L, M. (2017). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PINRANG. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 49-65. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2975
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 265 times