PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Muh Yusuf Hidayat UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ayu Andira
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model hybrid learning berbantuan media schoology kelas XI MIA MAN Pangkep,untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model konvensional kelas XI MIA MAN Pangkep, untuk mengetahui Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model hybrid learning berbantuan media schoology dan model konvensional kelas XI MIA MAN Pangkep. Design penelitian ini adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata peserta didik adalah sebesar 86,17 sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata peserta didik adalah sebesar 78,06. sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran hybrid learning berbantuan media schoology lebih efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA MAN Pangkep dibandingkan model konvensional berbantuan powerpoint.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muh Yusuf Hidayat, UIN Alauddin Makassar
UIN Alauddin Makassar

References

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran (Edisi Pertama). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Efendi, Agus. “E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk”. Jurnal Universitas Sebelas Maret. Volume 2, Nomor 1, Mei (2017). https://dx.doi.org/10.21831/elinvo.v2il.16416 (diakses 14 desember 2017).

Hari firmansyah, Beni. “Pengembangan Blended Learning Berbasis Schoology”. Jurnal Universitas Negeri Malang (2015). https://www.academia.edu (diakses 12 desember 2017).

Kekang, H. 2013. In The Hybrid Learning Basic Formed-Correctly Guiding Future Classroom Teaching’s Education Idea and teaching Concept. Workshop Proceedings in 6th International Conference on Hybrid Learning-ICHL. Halaman 61-72 (diakses 20 juni 2019).

Kementrian Agama RI,2010,”Al’Quran Terjemahannya.

Prawiradilaga, dewi salma. Wawasan teknologi pendidikan (cetakan kedua). Jakarta : kencana prenada media group, 2014

Sadiman, Arif S. (Dkk). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (Edisi Pertama). Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.2010.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Wahyuddin, zarkasyi . Penelitian Pendiddikan Matematika . Bandung :PT Refika Aditama ,2015.

Widiyanto, teguh. “Peningkatan keaktifan dan hasil belajar kompetensi dasar pembentukan logam dengan blended learning berbantuan media social schoolgy di kelas X TKRD SMK NEGERI 2 Surakarta”. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id (diakses 15 maret 2018)

Yuliyanto, Eko. Panduan Penggunaan E-Learning Based-Schoology. Semarang,2014. https://www.Scribd.com. Pdf ( 7 desember 2017).

Sjukur, sulihin B. “pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa tingkat SMK”. Jurnal pendidikan vokasi, Vol 2, Nomor 3, November (2012). http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043 (diakses 15 maret 2018)

Published
2019-09-16
How to Cite
Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 140-148. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9442
Section
Articles
Abstract viewed = 2348 times