EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • Andi Ferawati Jafar
  • ainul mardia
    (IR)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui:1) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart,  2) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.  3) Adakah perbedaan Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMPN 2 Baraka yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 77 siswa. sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan acak kelas dengan teknik pemadanan sampel sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 34. Hasil  penelitian  deskriptif  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  minat belajara peserta didik yang diajar dengan media Monopoly Game Smart  sebesar 88,7648 dan kelas yang tidak menggunakan media Monopoly Game Smart  sebesar 81,2305. Yang  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan anatara Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.

Jakarta: RajaGrafindo Persada

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran

Perannya Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogya-karta: Gava Media.

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu

Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. (2011). How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York : McGraw-Hill.

Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta:

PT. Prenhallindo.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan.

PendekatanKuantitatif,kualitat, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mardapi, Djemari Teknik penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes.

Jogjakarta: Mitra cendikia

Press.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., &

Smaldino, S.E. 2002. Instructional

mediaand technology for learning,

th edition. New Jersey: Prentice

Hall, Inc.

Published
2017-03-01
How to Cite
Ferawati Jafar, A., & mardia, ainul. (2017). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 19-24. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3009
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 950 times