EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui:1) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart, 2) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart. 3) Adakah perbedaan Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMPN 2 Baraka yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 77 siswa. sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan acak kelas dengan teknik pemadanan sampel sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 34. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajara peserta didik yang diajar dengan media Monopoly Game Smart sebesar 88,7648 dan kelas yang tidak menggunakan media Monopoly Game Smart sebesar 81,2305. Yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan anatara Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta: RajaGrafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran
Perannya Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Yogya-karta: Gava Media.
Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu
Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. (2011). How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York : McGraw-Hill.
Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta:
PT. Prenhallindo.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan.
PendekatanKuantitatif,kualitat, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mardapi, Djemari Teknik penyusunan
Instrumen Tes dan Nontes.
Jogjakarta: Mitra cendikia
Press.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., &
Smaldino, S.E. 2002. Instructional
mediaand technology for learning,
th edition. New Jersey: Prentice
Hall, Inc.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.