PENGARUH PEMBELAJARAN DISKUSI CAOLOGIUM BERBASIS PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Hasbullahair Ashar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan
untuk mengetahui: 1) gambaran hasil belajar fisika dengan menggunakan teknik
diskusi caologium berbasis permainan engklek; 2) Pengaruh pembelajaran
diskusi caologium berbasis permaianan engklek terhadap hasil belajar fisika
siswa kelas VIII SMPN 1 Mapilli Kab. Polewali. Desain penelitian yang
digunakan adalah One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Terdapat Pengaruh hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pembelajaran
diskusi caologium berbasis permainan engklek dimana terdapat pengaruh berupa
peningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Mapilli Kab. Polewali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal, 2014, Evaluasi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Creswell, John, 2015, Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi

Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Febriawan GT, Krisna, 2015, Engklek Sebagai Sarana Pembelajaran Asyik di Tengah Permainan Modern, Universitas Widya

Dharma Klaten, Klaten.

Majid, Abdul, 2013, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nurhayati B, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Badan Penerbit UNM Makassar,

Makassar.

Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sari, Ridwan Abdullah, 2013, InovasiPembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Sudjana, 2005, Metode Statistik, Tarsito, Bandung.

Widoyoko, Eko Putro, 2012, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Published
2017-03-01
How to Cite
Ashar, H. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN DISKUSI CAOLOGIUM BERBASIS PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 45-48. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3243
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 205 times