PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DIPADU DENGAN TEKNIK MINUTES PAPER DITINJAU DARI KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ)

  • Sitti Hasnah
  • Muh. Syihab Ikbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran (strategi Active Knowledge Sharing dipadu teknik Minute Paper dan tanpa teknik Minute Paper) dengan kecerdasan intelektual ( tinggi–rendah) dalam pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN WAJO. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain faktorial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN WAJO yang berjumlah 46 orang yang terbagi atas 2 kelas yakni XI IPA1 dan XI IPA2. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dari dua kelas masing-masing terdiri dari 15 orang dalam satu kelas yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (Active Knowledge Sharing dipadu dengan teknik Minute Paper dan tanpa teknik Minute Paper) dan kecerdasan intelektual (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN WAJO.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Bloom, S Benjamin.1956 . Taxonomy Of Education Objectives. Canada: University Examiners.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, Hamid.2013.Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta.

Depdikbud. 2003. Panduan Penilaian Hasil Belajar Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Balai Pustaka.

Fraenkel, Jack and Norman S.Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw-Hill

Haryadi, Bambang. 2008. Fisika. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Hasan, Iqbal dan Misbahuddin. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Munthe, Bermawy. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yokyakarta: CTSD Institut agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2016-03-01
How to Cite
Hasnah, S., & Ikbal, M. S. (2016). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DIPADU DENGAN TEKNIK MINUTES PAPER DITINJAU DARI KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ). JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 14-16. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3278
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 205 times