PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN A QUESTION STUDENT HAVE
Abstract
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pemelajaran LSQ pada pokok bahasan suhu dan kalor, 2) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran QSH pada pokok bahasan suhu dan kalor dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran QSH pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sano Nggoang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas XA dan siswa kelas XB masing-masing kelas berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan instrument test berbentuk soal pilihan ganda sejumlah 20 nomor. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif, rata-rata hasil belajar fisika dengan mengguanakan strategi pembelajaran LSQ sebesar = 69,36 sedangkan rata-rata QSH sebesar = 45,77. Hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran LSQ lebih tinggi dibandingkan QSH. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada skor rata-rata kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh thitung 10,08 > ttabel 2,021 dan signifikan α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari penggunaan strategi pembelajaran LSQ terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Kata kunci: Hasil belajar, LSQ dan QSH.Downloads
References
Purwanto, Galim. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu Puji Lestari. “Perbandingan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning start with A question (LSQ) dengan Question Student have (QSH) terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi, Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 2016.
Sutikno. M. Sobri. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Zaini Hisyam. 2008. Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Misbahuddin. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.