PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GAMERINCING TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Minat dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Koopeartif kancing gamerincing peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 1 Baraka, 2) Minat dan hasil belajar peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran Koopeartif kancing gamerincing peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 1 Baraka, 3) peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik antara yang diajar dan yang tidak diajar dengan model pembelajaran Koopeartif kancing gamerincing peserta didik pada kelas VIII SMP N Negeri 1 Baraka. Desain penelitian yang digunakan adalah Intac-Group Comparison Design. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diajar dan yang tidak diajar dengan model pembelajaran koopeartif pada kelas VIII SMP Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang.Downloads
References
Azwar, Saifuddin, 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar, yogjakarta.
Kurnia. Penerapan Metode Struktural Teknik Kancing Gamerincing dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VII SDN Bayuurip Klego tahun ajaran 2012/2013. Jakarta: Universitas Muhammadiyah.
Misbahuddin dan Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Aksara.
Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.
Sugiyono, 2013, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Alfabeta, Bandung.
Syofian Sireger. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Trianto, Ari. 2017. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.