Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika

  • Ade Irmawati
  • Hasbullakhair Ashar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui informasi mengenai strategi pembelajaran tutor sebaya
dalam meningkatkan hasil belajar kit eksperimen fisika kelas IX di SMP Negeri 1 Polumbangkeng Utara.
Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkanhasil
belajar (Kit eksperimen) peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui lembar observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitut-satu sampel.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (Pre-Test)
peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya berada pada kategori rendah,
sedangkan nilai rata-rata (Post-Test) peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya
berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data inferensial yaitu thitung<ttabel sehingga terdapat
perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar (Kit Eksperimen fisika) peserta didik dengan
penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aria Djalil, dkk. 2011. Pembelajaran Kelas

Rangkap. Jakarta: Universitas Terbuka.

Conny semiawan (dkk).1990. pendekatan

keterampilan proses.Jakarta: PT

Gramedia.

Dimiyati dan mudjiono.1999.belajar dan

pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar.2005. Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010).

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Published
2016-09-01
How to Cite
Irmawati, A., & Ashar, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 67-70. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3706
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 161 times