ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA BERBASIS TAKSONOMI BLOOM

  • Muslimin B Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Muhammad Yusuf Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Santih Anggereni Universitas Islam Negeri Alauddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran siswa dalam menyelesaiakn soal fisika materi suhu dan kalor berbasis taksonomi Bloom pada tingkatan pengetahuan, pemahaman, penerapan dan, analisis pada siswa kelas X di SMAN 3 Sampolawa. Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tabel spesifikasi soal, kisi-kisi soal dan, kartu soal materi suhu dan kalor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kemampuan siswa dalam menyelesaiakan soal fisika berturut-turut yaitu pada kemampuan pengetahuan hasilnya sangat baik, kemampuan pemahaman hasilnya sangat baik, kemampuan penerapan hasilnya baik dan pada tingkatan analisis hasilnya rendah peserta didik kelas X di SMAN 3 Sampolawa dengan pokok bahasan gelombang suhu dan kalor. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh perlunya analisis kemampuan siswa dalam menyelesaiakan soal fisika materi suhu dan kalor berbasis taksonomi kognitif Bloom kelas X di SMAN 3 Sampolawa.

 


Downloads

Download data is not yet available.

References

Asep, Saeful, Hamdani, 2008, Penggabungan Taksonomi Bloom Dan Taksonomi SOLO Sebagai Model Baru Tujuan Pendidikan.Jurnal Kumpulan Makalah Seminar Pendidikan Nasional,Fak.Tarbiyah IAIN,Surabaya

Dalyono, 2010, Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Danim, Sudarman, 2011, Psikologi Pendidikan ( Dalam Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta

Departemen Pendidikan Nasional UU Nomor 20 Tahun 2003

Genetika,2017”Http://Devtrie4ever.Blogspot.Com,Di Akses Pada Tanggal 22 Mei 2017

Iskandar, 2012, Psikologi Pendidikan.Jakarta Selatan:Ciputat Mega Mall

Jamal, Lisma Dan Zahar Idris,1992, Pengantar Pendidikan I. Jakarta:Grasindo

Karina Sulistyorini, Ayu, 2012, Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Program RSBI.Surakarta:UNS Press

Kementrian Agama RI,2010,”Al’Quran Terjemahannya.

Khodijah, Nyaya, 2014, Psikologi Pendidikan. Jakarta:Raja Grofindo Persada

Miftana, 2015, Analisis Uji Kemampuan Kognitif Siswa MAN 2 Madiun Kelas XI IPA 2 dalam Menyelesaikan Soal Termodinamika.Madiun:IKIP PGRI Madiun Press

Misbahuddin Dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Novisya,Dira,2017, Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Penyelesaian Soal-Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola Kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Geringing Kabupaten Padang.Batusangkar:IAIN Batusangkar Press

Nurbaeti Nurdin, Andi, 2015, Analisis Hubungan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Siswa pada Taksonomi Kognitif Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Makassar. Makassar:Unismuh Press

Purwanto, (2009), Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Budi, 2009, Fisika Dasar Teori dan Implementasi KElas 2B SMA dan MA.Surakarta:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Published
2018-09-24
How to Cite
B, M., Hidayat, M. Y., & Anggereni, S. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA BERBASIS TAKSONOMI BLOOM. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 96-101. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5882
Section
Articles
Abstract viewed = 1944 times