PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan strategi pembelajaran konflik kognitif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan jumlah siswa 25 orang. Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi. Penelitian diberi batasan hanya dilakukan sebanyak dua siklus. Sikuls pertama dilakukan pada materi tekanan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II pada materi getaran dan gelombang sebanyak tiga pertemuan juga. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 44 dengan siswa yang tuntas sangat sedikit (8%) sehingga masih harus dilanjutkan ke siklus II. Melalui perbaikan pembelajaran diperoleh hasil yang lebih baik pada siklus II, pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa menjadi 65,56 dengan siswa yang tuntas meningkat menjadi 44%. Keaktifan siswa terhadap strategi pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan. Strategi pembelajaran konflik kognitif dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM.
Downloads
References
Başer, M. (2006). Fostering Conceptual Change by Cognitive Conflict Based Instruction on Students’ Understanding of Heat and Temperature Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2(2), 96–114. https://doi.org/10.12973/ejmste/75458
wartono, Batlolona, J. R., & Putirulan, A. (2018). Cognitive Conflict Strategy and Simulation Practicum to Overcome Student Misconception on Light Topics, 12(4), 11.
Budiman, Z. B., Halim, L., Mohd Meerah, S., & Osman, K. (2014). The Effects of Cognitive Conflict Management on Cognitive Development and Science Achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(5), 1169–1195. https://doi.org/10.1007/s10763-013-9460-6
Costello, P. J. M. (2011). Effective action research: developing reflective thinking and practice (2nd ed). London ; New York: Continuum.
Gönen, S. (2008). A Study on Student Teachers’ Misconceptions and Scientifically Acceptable Conceptions About Mass and Gravity. Journal of Science Education and Technology, 17(1), 70–81. https://doi.org/10.1007/s10956-007-9083-1
Lee, G., & Byun, T. (2012). An Explanation for the Difficulty of Leading Conceptual Change Using a Counterintuitive Demonstration: The Relationship Between Cognitive Conflict and Responses. Research in Science Education, 42(5), 943–965. https://doi.org/10.1007/s11165-011-9234-5
Lee, G., Kwon, J., Park, S.-S., Kim, J.-W., Kwon, H.-G., & Park, H.-K. (2003). Development of an instrument for measuring cognitive conflict in secondary-level science classes. Journal of Research in Science Teaching, 40(6), 585–603. https://doi.org/10.1002/tea.10099
Li, J., & Singh, C. (2017). Investigating and improving introductory physics students’ understanding of the electric field and superposition principle. European Journal of Physics, 38(5), 055702. https://doi.org/10.1088/1361-6404/aa7618
Rahmawati, I. D., Suparmi, & Sunarno, W. (2018). Students concept understanding of fluid static based on the types of teaching. Journal of Physics: Conference Series, 983, 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012029
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: an educational perspective (6th ed). Boston: Pearson.
Shahbari, J. A., & Peled, I. (2015). Resolving Cognitive Conflict in A Realistic Situation with Modeling Characteristics: Coping with A Changing Reference in Fractions. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(4), 891–907. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9509-1
Sukariasih, L. (2016). Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus. Jurnal Aplikasi Fisika, 12(2), 4.
Suryadi, A., Ali, M. S., & Rusli, M. A. (2015). Peranan Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Pangkep, 11, 141–149.
Zohar, A., & Aharon-Kravetsky, S. (2005). Exploring the effects of cognitive conflict and direct teaching for students of different academic levels. Journal of Research in Science Teaching, 42(7), 829–855. https://doi.org/10.1002/tea.20075
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.