ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA TERKOMPLEMENTASI AYAT AL-QURAN

  • Erni Dwi Susanti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Budi Astuti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Bilqis Asy Syarifah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Padilah Popilaya Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Nur Azizah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa melalui pengembangan bahan ajar fisika terkomplementasi ayat Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) dengan subjek penelitian adalah tiga puluh siswa kelas XI di salah satu SMA di Kota Semarang. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu pengumpulan dan analisis data kuantitatif, uji hipotesis, pengumpulan dan analisis data kualitatif, serta penarikan kesimpulan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penilaian, dan lembar pedoman wawancara motivasi belajar siswa. Angket diberikan sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar fisika terkomplementasi ayat Al-Quran, dan observasi dilakukan selama proses pembelajaran yakni tiga pertemuan. Analisis data menggunakan skala likert (4, 3, 2,1), persentase, dan N-gain. Analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar fisika terkomplementasi ayat Al-Quran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-16
How to Cite
Susanti, E. D., Astuti, B., Syarifah, B. A., Popilaya, P., & Azizah, N. (2019). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA TERKOMPLEMENTASI AYAT AL-QURAN. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 169-174. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9240
Section
Articles
Abstract viewed = 594 times