Metodologi Kitab Kamus Hadis (Studi Kitab “Al-Jami’ al-Sagir” Karya al-Sayuti).

  • Ilyas Ilyas
    (ID)

Abstract

Kehadiran kitab kamus hadis dalam menelusuri hadis-hadis yang ada sangat dibutuhkan, karena dengan kamus tersebut dapat memudahkan para pencari hadis dalam menemukan hadis-hadis yang diinginkannya.  Kitab Al-Jami’ al-S{agi>r” Karya al-Sayut}i adalah salah satu kitab kamus hadis yang sangat mudah diaplikasikan dalam mencari hadis, karena kitab kamus hadis ini disusun dengan menggunakan pendekatan alfabetis. Sistimatika penulisannya mengidentifikasi dan mengkategorisasi huruf awal yang terdapat pada lafaz awal dari matan hadis. Hanya saja, kekurangan dari kitab ini ketika menyebutkan sumbernya tidak menyebutkan juz ke berapa dari kitab sumber tersebut berada, di sini biasanya para pencari hadis mengalami kesulitan, sehingga tetap membutuhkan kitab atau kamus yang lain untuk menelusuri hadis tersebut.  Di samping itu,  penulis kitab ini juga menyebutkan kualitas hadis yang termuat di dalamnya dengan menerangkan s}ahih, hasan dan d{a’ifnya sebuah hadis. Meskipun demikian, al-Sayut}i dinilai oleh sebagian kalangan sebagai orang yang sangat longgar dan elastis dalam memberikan penilaian sebuah hadis, ia tidak cukup teliti dan cermat dalam menilai hadis.

References

Amin, Husain Ahmad, al-Mi’ah al-A’zham Fiy Tarikh al-Islam, diterjemahkan oleh Baharuddin Fannani dengan judul: Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999.

Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, jilid II Jakarta: CV. Anda Utama, 1993.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, jilid IV Cet. III; Jakarta: PT Intermasa, 1994.

Hadi, Abu Muhammad Mahdi bin Abdul Qadir bin Abdul, Turuq Takhrij al-Hadis Rasulullah Saw, diterjemahkan oleh H.S. Agil Husain Munawwar dan Ahmad Rifqi Muchtar dengan judul: Metode Takhrij Hadis Cet. I; Semarang: Dina Utama, 1994.

Hadi, Abu Muhammad Mahdi bin Abdul Qadir bin Abdul, Turuq Takhrij al-Hadis Rasulullah Saw, diterjemahkan oleh H.S. Agil Husain Munawwar dan Ahmad Rifqi Muchtar dengan judul: Metode Takhrij Hadis Cet. I; Semarang: Dina Utama, 1994.

, Pengantar Ilmu Hadis Cet. X; Bandung: Angkasa, 1991.

Sayuthi, Jalaluddin Ibn Abi Bakar, al-Jami’ al-Shaghir, Juz I Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1990.

Senn, Peter R., Social Science Ant Its Methods” dalam Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Islam Sebuah Pengantar Populer Cet. X; Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Suhartono, Suparlan, Filsafat Ilmu Pengetahuan Ujung Pandang, Program Pascasarjana UNHAS, 1997.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. II Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Section
Volume 4 Nomor 2, Juni 2016
Abstract viewed = 3722 times