Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah pada Peserta Didik Kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dengan maharah qira’ah. Bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran dengan keterampilan membaca terjadi juga hasilnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kebahasaan dengan menitik beratkan pada pemahaman teks-teks arab berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode tutor sebaya adalah metode belajar mengajar dengan bantuan seorang peserta didik yang kompeten untuk menyalurkan ilmunya pada peserta didik lainnya. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur aktivitas belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan observasi wawancara dengan pengampu mata pelajaran bahasa arab terkait problema-problema yang terjadi dalam hal keterampilan membaca. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar akan efektif jika dengan menghadirkan metode tuor sebaya. Kesimpulannya bahwa dengan penerapan metode tutor sebaya dapat mengefektifkan proses belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab maharah qiraah.
References
Dalman, 2010, Mata Kuliah: Membaca. Bandar Lampung: University Muhammadiyah Lampung Press
Effendi, Ahamd Fuad. 2009, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat
Fajri, Nabila Karima. Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Dalam Meningkatkan Ketuntasan Membaca Al-Qur’an Pada pelajaran PAI-Bp di SMK Negeri 2 Karanganyar, Skripsi UIN Sunan kalijaga.
Gredler, Learning and Instruction, 2011. (Teori dan Aplikasi) edisi keenam dialih bahasakan, Tri Wibowo, B.S, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Hamid, Abd dkk, 2008, Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi dan Media, Malang.
Mustofa , Bisri dkk, 2012, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press
Mujib, Fathul. 2010Rekonstruksi pendidikan Bahasa Arab Dari Pendekatan Konvensional Ke Integratif Humanis, Yogyakarta : Pedagogia
Pusparani, Ikapti. Efektifitas Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca, Jurnal Widia Ortodidaktika Vol 7 No 3 Tahun 2018.
Richards, Jack C. 1991, Curiculum Development in Language Teaching, Tarjamah Nasir Bin Abdullah Al Ghali dan Shalih Bin Nashir As Syuaikhiroh, Thatwir Manahij Ta’lim Al Lughah. Tp: tt Nashir Abdul Hamid Nashir Abdul Ghali dan Abdul Hamid Abdullah dalam bukunya yang berjudul Asaa AL Idad Al Kutubu At Ta’limiyah Li Ghairi An Nathiqin Bi Al Arabiyah. Al Qahirah: Dar An Nasr Li Thoba’ah Islamiyah.
Suherman.2003, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI
Saifuddin, Azwar. 2011 , Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Setiawan, Agus. 2011, Baca Kilat: Kiat Membaca 1 Halaman per Detik, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Suparno, Paul. 2007, Metodologi Belajar Fisika, Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma
Setiawati, Lilis dan Moh. Uzer Usman, 1993, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, 1990, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa
Yunus, Ali Fattah Abdurrouf Syeikh, 2003, Al Maraji’ Fi Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah Li Al Janib, Al Qahirah: Maktabah Wahab
Zaenuddin, Radliyah dkk, 2005, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Cirebon: STAIN Cirebon Press
Zain, Azwan dan Syaiful Bahri Djamarah, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rhineka Cipta.
http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/ skripsi/archives/