Penggunaan Kamus Musa’id Lil Arabiyah Baina Yadaik Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswi Semester Satu STAI AS-SUNNAH Medan Tahun Ajaran 2019
Abstract
Belajar bahasa merupakan kegiatan yang tidak terlepas dari penggunaan kamus untuk menunjang proses pembelajaran, Kamus adalah salah satu alat bantu dalam memahami suatu bahasa, yang disertai dengan terjemah dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing, begitupun dengan bahasa arab. STAI As-Sunnah Medan telah menerapkan penggunaan kamus musai’d lil kitab baina yadaik ketika proses pembelajaran bahasa arab khususnya pada mahasiwi semester satu yang menggunakan buku panduan Al-Arabiyah baina yadaik. Kamus musa’id lil kitab baina yadaik bisa dikatagorikan kedalam kamus buku atau mu’jam al-kitaab yakni kamus yang kata-katanya disusun secara tematik berdasarkan penyusunan buku tertentu. Dari pernyataan tersebut bisa dikatakan bahwasannya kamus musa’id lilkitab baina yadaik adalah kamus buku karena kamus ini disusun berdasarkan makna dan sesuai dengan bab-bab yang di tulis dalam buku Al-Arabiyah bainna yadaik. Kamus musa’id lil kitab baina yadaik juga dijadikan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa arab di Stai As-Sunnah Medan serta penolong bagi para mahasiswi untuk mempermudah memahami buku al-arabiyah baina yadaik dan belajar bahasa arab. Kamus Musa`id Al Arabiyah Baina Yadaik juga mencakup terjemahan dari kosa kata sulit yang terdapat pada buku Al Arabiyah Baina Yadaik sesuai dengan tema yang dibahas.
Abstract : Learning a language is an activity that cannot be separated from the use of a dictionary to support the process, a dictionary is a tool in understanding a language, accompanied by a translation and used to improve foreign language skills, as well as Arabic. STAI As-Sunnah Medan has implemented the use of the musai'd lil Kitab baina yadaik dictionary during the Arabic language learning process, especially for first semester students who use the baina yadaik Al-Arabiyah manual. The musa'id lil Kitab baina yadaik dictionary can be categorized into a book dictionary or mu'jam al-kitaab, which is a dictionary whose words are arranged thematically based on the arrangement of certain books. From this statement, it can be said that the musa'id lilkitab baina yadaik dictionary is a book dictionary because it is compiled based on meaning and following the articles written in the al-Arabiyah bainna yadaik book. The musa'id lil Kitab baina yadaik dictionary is also used as a medium of learning in learning Arabic at Stai As-Sunnah Medan and as a helper for students to make it easier to understand the Kitab al-arabiyah baina yadaik and learn Arabic. The Baina Yadaik Musa`id Al Arabiyah Dictionary also contains translations of difficult words contained in the Baina Yadaik Al Arabiyah book according to the themes discussed.
References
Ahmad, Izzan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2015.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada, 2011.
Baharuddin, Asep Saeful Hamdi dan E. Metode Penelitian Kualitataif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Darmawan, cecep kustandi dan daddy. Pengembangan Media Pembelajaran. jakarta: kencana, 2020.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan Researt & Development. malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2019.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kalitatif, Dan Mixed Metodh. Kuningan: Hidayatul Qur’an, 2019.
Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. yogyakarta: Diva Press, 2011.
Keswati. “Pengembangan Kamus Bahasa Arab Untuk Buku Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Sebagai Penunjang Buku Bahasa Arab Kelas VIII Madrasah Stanawiyah.” Universitas Negeri Semarang, 2014.
Lestari, Novia. Media Pembelajara Berbasis Multimedia Intreaktif. Klaten: Lakeisha, 2020.
Makalalag, Muh Arif dan Eby Waskino. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Padang: Balai Insan Cendekia Mandiri, 2020.
Rizwanuddin, Dindin. Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN Press, 2015.
Sugiono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Wahidah, Besse. “Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar (Kajian Terhadap Penggunaan Kamus Cetak Dan Kamus Digital).” At-Turast 11 (2017): 58–71.