Analisis Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di MTS Surya Buana Kota Malang

  • Imamuddin Imamuddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Nuraidah Nuraidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Miftahul Huda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Slamet Daroini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Sering dengan pergantian menteri pendidikan maka berganti pulalah kurikulum pendidikannya. Kurikulum tidak luput dari perombakan kurikulum sebelumnya hingga pada kurikulum 2013 saat ini. Akibat perubahan kurikulum tersebut, mata pelajaran bahasa Arab ikut terkena imbasnya. Begitu pula evaluasai dari kurikulum dari bahasa Arab tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum bahasa Arab berupa visi misi dan tujuan, materi, metode, media, pendekatan, sumber, serta evaluasi kurikulum yang digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, paparan data, dan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitiannya yaitu ada keterkaitan yang sangat erat antara Visi, Misi dan Tujuan di MTS Surya Buana dengan Kurikulum 2013 yang diberlakukan oleh pemerintah saat ini, pelaksanaan kurikulum bahasa Arab menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan seintifik dan disesuaikan dengan KI dan KD nya, metode yang diterapkan terbagi menjadi metode umum dan khusus, media yang digunakan beragam, dan evaluasi pembelajaran mencakup 4 komponen pokok yaitu spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

Abstract : Often with the change of the minister of education, the education curriculum changes. The curriculum did not escape from the previous curriculum reshuffle to the current 2013 curriculum. As a result of the curriculum change, Arabic subjects were also affected. Likewise the evaluation of the curriculum from the Arabic language. The purpose of this study was to determine the implementation of the Arabic language curriculum in the form of vision, mission and objectives, materials, methods, media, approaches, sources, and evaluation of the curriculum used. This study uses qualitative research with a descriptive design. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data exposure, and conclusions or verification. Checking the validity of the data using triangulation, an extension of participation, and persistence of observations. The results of the research are that there is a very close relationship between the Vision, Mission and Goals at MTS Surya Buana with the 2013 Curriculum imposed by the current government, the implementation of the Arabic language curriculum uses the 2013 curriculum with an intuitive approach and is adapted to its KI and KD, the methods applied are divided into general and specific methods, the media used are varied, and the evaluation of learning includes 4 main components, namely spiritual, social, knowledge, and skill.

Author Biographies

Imamuddin Imamuddin, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Pendidikan bahasa Arab
Nuraidah Nuraidah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Pendidikan bahasa Arab

References

Al-bantani, Azkia Muharom. 2015. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah”, dalam Jurnal Arabiyat UIN Jakarta, Vol 2 No. 2 : h. 179 -180

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arifin, Zainal. 2014. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kulaitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muhamad, Abu Bakar. 1981. Metode Kḥusus Pengajaran Baḥasa Arab, Surabaya:

Usaha Nasional.

Siskandar, 2016. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah, dalam Jurnal Cendekia Surakarta : Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Vol 10, No. 2 : h. 119

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Bandung : Alfabet.

Sukardi, 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi Dan Praktiknya, Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Triwiyanto, Teguh, 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Zaini, Muhammad, 2009. Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi, Yogyakarta : Teras.

Zulkifli, Muhammad. 2018. “Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI”, dalam Jurnal Al-Madrasah STIQ Amuntai Kalimantan Selatan, Vol. 2, No. 2 : h. 127-128

Published
2021-06-26
Abstract viewed = 1576 times