Pembelajaran Fahmul Masmu’ Bahasa Arab

  • Rappe Rappe Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Jurnal ini berusaha mendeskripsikan mengenai metode pembelajaran Istima’ untuk tingkat pemula. Istima’ adalah suatu pembelajaran menyimak atau mendengarkan suatu kalimat atau bacaan bahasa arab yang bertujuan  untuk  memahami  makna  kalimat  yang  didengar  atau  direkam  oleh indera  pendengaran.  Istima’  merupakan  bagian  dari  keterampilan berbahasa Arab. Dalam keterampilan menyimak memiliki beberapa fase. Fase ini dibagi dalam empat tingkatan, yaitu fase pengenalan, fase pemula, fase pertengahan dan fase lanjutan. Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitu pula dengan metode ini. Jurnal ini akan mendeskripsikan metode dan beberapa strategi pembelajaran Istima’yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab bagi siswa. Fahmul masmu’ itu sendiri merupakan kegiatan istima’ yang diberikan kepada siswa yang sudah mencapai tingkatan istima’ fase lanjutan.

Abstract : This journal tries to explain about the method of 'Istima' learning for the beginner level. Istima 'is a learning to listen or listen to a sentence or Arabic reading which aims to understand the meaning of the sentence that is heard or recorded by the sense of hearing. Istima 'is part of Arabic language skills. In skills have several phases. This phase is divided into four levels, namely the introduction phase, the beginner phase, the intermediate phase and the advanced phase. Each method must have advantages and disadvantages as well as this method. This journal will describe the method and some of the Istima' learning strategies which can then be applied in Arabic learning which aims to improve Arabic listening skills for students. Fahmul masmu' itself is a special activity 'given to students who have reached the advanced level.

References

Abdullah al-Ghani, Nashir dan Abdul Hamid Abdullah, Usus ‘Idaad al-Kutub al-Ta’limiyah li Ghair al-Naathiqina bi al-‘Arabiyah. Daar ‘Itisham, t.th

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Izzan, Ahmad.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: humaniora, 2009

Haikal, Muhammad. Mahaarat al-Hiwar Baina al-Tahaduts wa al-Inshat, Mesir: al-Haiah al-Mishriyah al-‘Ammah li al-Kitaab, 2010

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit SIC, 2004

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN- MALIKI PRESS, 2017

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Cet. II; Jakarta: PT. Raja Grapindo, 2015

Published
2021-06-26
Abstract viewed = 4552 times