Problematika Mahasiswa Asing pada Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memetakan problematika internal dan external mahasiswa Thailand dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yangmana peneliti berusaha mengungkap data-data dan menyajikannya dalam bentuk deskriptif yang berupa kata-kata maupun ungkapan fakta maupun fenomena yang diamati. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkap data mengenai problematika yang dihadapi mahasiswa asing dalam mempelajari bahasa Arab baik dari segi pembelajaran maupun proses pemerolehan bahasa Arab. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah factor internal yang menjadi pokok problematika yang dihadapi oleh mahasiswa Thailand yang mempeajari bahasa Arab terbagi menjadi tiga pokok yaitu: (1) pembendaharaan kosa kata bahasa Arab yang terbatas menjadi permasalah mahasiswa asal Thailand dalam memahami penjelasan dosen, (2) kurangnya pembelajaran bahasa Arab dasar mahasiswa Thailand, (3) malu dan takut bertanya ke dosen dan teman sejawat. Adapun problematika external yang dihadapi mahasiswa Thailand yang mempelajari bahasa Arab di IAIN Kendari dapat terbagi menjadi tiga pokok problematika yaitu: (1) kurangnya beberapa pengajaran bahasa Arab di kampus untuk dijadikan dasar pelajaran bahasa Arab untuk pemula, (2) sulit memahami buku ajar bahasa arab yang dibeli sendiri, sehingga minat dan motivasi belajar berangsur-angsur berkurang, (3) lingkungan yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi sehingga jarang sekali mendengar dan menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi di lingkungan tersebut.
References
Afriani, Zelvia Liska. "Peran budaya dalam pemerolehan bahasa asing." Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1.2 (2019): 128-135. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i2.1900
Albab, Ulil. “Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing.” TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 19, no. 1 (June 28, 2019): 32–48. DOI: https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i1.3398
Amirudin, Noor. "Problematika pembelajaran bahasa Arab." TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan (2017): 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66
Noor, Amirudin. "Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital." Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP. 2019. http://digital.library.ump.ac.id/261/
Anisah, Aan. "Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS." LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon 18.3 (2017): 1-18. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138
Fahrurrozi, Aziz. “Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya.” ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (December 28, 2014): 161–180. DOI: 10.15408/a.v1i2.1137
Fauziah, Syifa, Intan Rembulan, and Muti Nisriinaa Ambarwati. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Non Studi Arab Di Universitas Al Azhar Indonesia Dan Solusinya." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6.6 (2020): 579-592. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/693
Hidayat, Nandang Sarip. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab." An-Nida' 37.1 (2012): 82-88. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315
Ihsan, Ihsan, and Syarifah Fatimah Al-Ilmul. "Problematika Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Yang Belum Pernah Mendapatkan Pelajaran bahasa Jerman di Jenjang Pendidikan Sebelumnya." Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics 2.2 (2021): 137-146. http://103.76.50.195/INTERFERENCE/article/view/20480
Ismail, Moh. "Peranan psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa Arab." At-Ta'dib 8.2 (2013). DOI: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.508
Kurniawan, Yohan, Khuzaiton Zakaria, and Wan Mohamad Wan Abdullah. "Mengapa Pelajar Takut Bertanya dalam Kuliah?: Sebuah Kajian di Universiti Malaysia Kelantan." MALAYSIAN JOURNAL ON STUDENT ADVANCEMENT 15 (2012). https://spaj.ukm.my/personalia/index.php/personalia/article/view/33
Muktia, Rizki. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab : Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2014” 1 (2016). https://www.ejurnal.kpmunj.org/index.php/risenologi/article/view/24.
Purnamasari, Arlinda. “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Dalam Perspektif Psikolinguistik.” Prosiding Seminar Nasional Sasindo 1, no. 2 (May 31, 2021). Accessed December 6, 2021. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNS/article/view/10822.
Roinah, Roinah. “Problematika Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Stain Bengkalis.” QUALITY 7, no. 1 (May 31, 2019). Accessed December 31, 2021. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/4966.
Rusydı Ahmad, Thuʻaimah. Taʻlîm Al-ʻArabiyah Li Ghair al-Nâthiqîna Bihâ, Manâhijuhâ Wa Asâlîbuhâ. Rabath: Isesco, 1989.
Setiyawan, Agung. "Problematika Keragaman Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa dan Kebijakan Program Pembelajaran Bahasa Arab." Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5.2 (2018): 195-213. DOI: https://doi.org/10.15408/a.v5i2.6803
Syahid, Ahmad Habibi. "Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native)." Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2.1 (2015): 86-97. DOI: 10.15408/a.v2i1.1797
Takdir, Takdir. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 2 (2020). https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi.
Taubah, Miftachul. “Problematika Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa Semester Delapan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta Pasuruan Tahun 2007)” Studi Arab 5.1 (2014): 23-36.
Zakiatunnisa, Zakiatunnisa, Dinda Alfian Sukma, and Masiva Nada Faidah. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Solusinya Bagi Non-Arab." (2020): 489-498. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/615
Copyright (c) 2022 Shaut al Arabiyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.