Penggunaan Kamus Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam di SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang

  • Nilna Karomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abdul Muntaqim Al Anshory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Kamus; Maharah kalam; Media pembelajaran

Abstract

Maharah kalam termasuk keterampilan pokok yang harus dikuasai peserta didik dan merupakan salah satu tujuan akhir pembelajaran bahasa asing. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab, maka peserta didik harus memiliki banyak kosakata bahasa Arab. Untuk itu salah satu media yang dibutuhkan dalam pembelajaran maharah kalam adalah kamus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan kamus saku bahasa Arab sebagai media dalam pembelajaran maharah kalam dan pendapat siswa di SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kamus yang digunakan sebagai media pembelajaran maharah kalam pada SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang adalah kamus Buku Pintar Bahasa Arab untuk pemula. Kamus ini termasuk jenis kamus saku. Secara umum, langkah-langkah penerapannya adalah: (a) pengantar, (b) pemberian kosakata baru dari kamus yang digunakan, (c) pemberian contoh hiwar terkait materi yang dipelajari, (d) penjelasan hiwar, (e) peserta didik berpasangan membuat percakapan baru dengan menggunakan kamus sebagai sumber rujukan kosakata, (f) demonstrasi hiwar, (g) review kembali materi dan kosakata, dan (h) penutup; (2) siswa berpendapat bahwa penggunaan kamus saku bahasa Arab sangat membantu peserta didik dalam pembelajaran maharah kalam, terutama dalam mencari kosakata, mudah untuk dibawa sehingga peserta didik pun bisa menghafal kosakata dimanapun mereka berada.

References

Ali, Fathi dan Muhammad Yunus Abd Al-Rauf. (2003). Al-Marji’ Fy Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib Min al-Nadzariyyah Ila al-Tathbiq. Al-Qahirah: Maktabah Wahbah

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fuad Mahmud Ilyan, Ahmad. (1992). Al-Maharat al-Lughawiyah: Mahiyatuha wa Thara’iq Tadrisiha, (Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi

Hermawan, Acep. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Kamil, Mahmud Al-Naqah. (1985). Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih. Makkah al-Mukarramah: Jami‟at Um al-Qura

Maksudin. (2006). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Arabiyah. Vol. 2, No. 2

Moeloeng, Lexy J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosda Karya

Rohman, Fathur. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani

Sadiman, Arief S., dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, fan RND. Bandung: Alfabeta

Susilana, Rusdi & Riyana, Cepi. (2007). Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima

Sutrisnohadi. (2000). Metode penelitian.Yogyakarta : andi cepewi

Syamaun, Nurmasyithah. Pembelajaran Maharah Al-Kalam untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Wahab Rosyidi, Abdul dan Mamlu’atun Ni’mah. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki Press

Published
2022-12-15
Abstract viewed = 1422 times