Penggunaan Kamus Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam di SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang
Abstract
Maharah kalam termasuk keterampilan pokok yang harus dikuasai peserta didik dan merupakan salah satu tujuan akhir pembelajaran bahasa asing. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab, maka peserta didik harus memiliki banyak kosakata bahasa Arab. Untuk itu salah satu media yang dibutuhkan dalam pembelajaran maharah kalam adalah kamus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan kamus saku bahasa Arab sebagai media dalam pembelajaran maharah kalam dan pendapat siswa di SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kamus yang digunakan sebagai media pembelajaran maharah kalam pada SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang adalah kamus Buku Pintar Bahasa Arab untuk pemula. Kamus ini termasuk jenis kamus saku. Secara umum, langkah-langkah penerapannya adalah: (a) pengantar, (b) pemberian kosakata baru dari kamus yang digunakan, (c) pemberian contoh hiwar terkait materi yang dipelajari, (d) penjelasan hiwar, (e) peserta didik berpasangan membuat percakapan baru dengan menggunakan kamus sebagai sumber rujukan kosakata, (f) demonstrasi hiwar, (g) review kembali materi dan kosakata, dan (h) penutup; (2) siswa berpendapat bahwa penggunaan kamus saku bahasa Arab sangat membantu peserta didik dalam pembelajaran maharah kalam, terutama dalam mencari kosakata, mudah untuk dibawa sehingga peserta didik pun bisa menghafal kosakata dimanapun mereka berada.
References
Ali, Fathi dan Muhammad Yunus Abd Al-Rauf. (2003). Al-Marji’ Fy Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib Min al-Nadzariyyah Ila al-Tathbiq. Al-Qahirah: Maktabah Wahbah
Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Fuad Mahmud Ilyan, Ahmad. (1992). Al-Maharat al-Lughawiyah: Mahiyatuha wa Thara’iq Tadrisiha, (Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi
Hermawan, Acep. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Kamil, Mahmud Al-Naqah. (1985). Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih. Makkah al-Mukarramah: Jami‟at Um al-Qura
Maksudin. (2006). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Arabiyah. Vol. 2, No. 2
Moeloeng, Lexy J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosda Karya
Rohman, Fathur. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani
Sadiman, Arief S., dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, fan RND. Bandung: Alfabeta
Susilana, Rusdi & Riyana, Cepi. (2007). Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
Sutrisnohadi. (2000). Metode penelitian.Yogyakarta : andi cepewi
Syamaun, Nurmasyithah. Pembelajaran Maharah Al-Kalam untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Wahab Rosyidi, Abdul dan Mamlu’atun Ni’mah. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki Press
Copyright (c) 2022 Nilna Karomah , Abdul Muntaqim Al Anshory
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.